Perlengkapan Menempuh Everest, Dulu dan Kini (II)

By , Kamis, 30 Mei 2013 | 10:00 WIB
()

Setelah menyimak tiga perbandingan perlengkapan menuju puncak Everest pada masa lalu dan masa kini, kami sajikan lagi dua di antaranya. Perbandingan ini berasal dari buku The Call of Everest keluaran National Geographic Books.

Kamera (1921 - 2012)

Alexander Kellas, penjelajah Himalaya, membawa kamera "jadul" pada saat ekspedisinya ke Everest pada tahun 1921. Sayangnya ia tewas karena disentri dan gagal jantung pada saat ekspedisi tersebut.

Kamera di kanan pada foto pembuka artikel ini merupakan Canon 5D Mark II dengan beberapa fitur digital. Kamera ini merupakan satu dari beberapa kamera yang digunakan kru National Geographic saat ekspedisi ke Everest tahun 2012 lalu.

Kantung tidur tahun 1983 (hijau) dengan yang digunakan kru National Geographic pada 2012. (Mark Theissen/Becky Hale, NGS [kiri], The North Face [kanan])

Kantung tidur (1963 - 2012)

Kantung tidur berwarna hijau ini merupakan inovasi teranyar pada tahun 1960-an. Tapi dibandingkan dengan kantung tidur yang ada saat ini, dibuat untuk mengakomodasi tidur pendaki lebih baik.

Salah satu kantung tidur yang digunakan kru National Geographic pada ekspedisi Everest tahun 2012 memiliki tempat penyimpanan di kaki untuk keamanan ekstra.