Eksotisnya Lima Situs Baru Warisan Dunia (I)

By , Senin, 24 Juni 2013 | 16:18 WIB
()

Komisi Warisan Dunia UNESCO memasukkan lima tempat baru ke dalam daftar Situs Warisan Dunia kategori alam. Lima situs tersebut di antaranya gunung berapi, taman nasional yang bertabur ngarai, gletser.

Tak sembarang tempat dapat masuk dalam daftar situs alam warisan dunia. Komite Warisan Dunia UNESCO memiliki karakteristik sendiri untuk menobatkan suatu tempat masuk menjadi Situs Warisan Dunia.

Setidaknya tempat tersebut memenuhi kategori yang ditentukan, antara lain: mengandung keindahan alam yang luar biasa, mewakili tahap utama dari sejarah pembentukan bumi, contoh proses ekologi dan biologi berkelanjutan, sertasebagai tempat konservasi alam dan perlindungan keanekaragaman hayati sekaligus spesies langka. Berikut daftar lima situs alam yang baru masuk Warisan Dunia:

1. Namib Sand Sea, AfrikaDalam sepuluh tahun terakhir, Namib Sand Sea adalah wilayah alam pertama yang memenuhi empat kriteria UNESCO bagi situs alam warisan dunia. Namib Sand Sea merupakan bagian dari Gurun Namib berada di Barat Daya Afrika. Mengalir mulai dari Afrika Selatan hingga Angola, termasuk Taman Nasional Naukluft di Namibia.  

Kawah Silvestri di Gunung Etna, Italia. (Thinkstockphoto)

2. Gunung Etna, ItaliaGunung Etna terletak di Sisilia, Italia, menjulang setinggi 3.330 meter, dan merupakan gunung berapi paling akitif di dunia. Terbentuk dari tumbukan lempeng tektonik antara Afrika dan Eurasia.

Atas alasan tersebut Gunung Etna dinobatkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia Alam.

"Para peneliti telah terpukau dengan Gunung Etna selama ribuan tahun," kata Tim Badman, direktur  IUCN World Heritage Program. Dengan masuknya Gunung Etna ke dalam Situs Warisan Dunia diharapkan dapat meningkatkan perlindungan bagi lokasi ini,  terutama dengan meningkatnya anmo wisata ke gunung tersebut.

(Bersambung ke tautan ini)