Tualang Pulau Energi Terbarukan

By , Jumat, 28 Juni 2013 | 17:03 WIB

Dicari: petualang Indonesia yang bisa mendukung misi energi terbarukan. Berminatkah Anda?

Hivos, LSM Internasional yang bergerak di bidang Kemanusiaan dan Kerjasama Pembangunan, baru-baru ini meluncurkan kembali program Ekspedisi Sumba. Program tersebut berupaya untuk menyuarakan berbagai hal mengenai Pulau Sumba kepada khalayak luas.

Tahun ini, Hivos berencana untuk menyasar WNI (Warga Negara Indonesia) untuk terlibat dalam Ekspedisi Sumba 2013. Demikian disampaikan dalam konferensi pers di Jakarta (27/6).

Tujuan terutama dari Ekspedisi Sumba 2013 adalah untuk mempromosikan program Sumba Iconic Island yang digagas oleh pihak Hivos bekerja sama dengan Kementerian ESDM RI, demi menyebarluaskan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya energi terbarukan.

Ekspedisi Sumba 2013 akan mencari satu orang petualang untuk menjelajah serta merasakan langsung kehidupan di Sumba selama kurang lebih 1epuluh hari, termasuk budaya setempat. Petualang yang juga akan diajak melihat kemajuan dalam penyediaan akses energi serta dampak-dampak perubahannya bagi penduduk lokal.

Pulau Sumba yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ditetapkan menjadi Pulau Ikonis Energi Terbarukan pada 2011. Dan, ditargetkan pulau akan sepenuhnya menggunakan energi baru, tanpa bahan bakar fosil, pada tahun 2025.

Hingga saat ini berbagai langkah telah dimulai di pulau tersebut dan telah cukup banyak hasil yang dicapai oleh masyarakat Sumba. (Baca lengkapnya inisiatif PULAU IKONIS SUMBA di halaman ini)