Nilai Gizi Santapan Merayap

By , Jumat, 5 Juli 2013 | 09:02 WIB
()

Kumbang, jangkrik, dan banyak jenis serangga lain, rupanya bernutrisi tinggi. Satu sajian belalang kecil, misalnya, memiliki kandungan protein yang sama dengan daging giling. Di sisi lain, jika dibudidayakan, serangga hanya membutuhkan biaya yang lebih sedikit serta tidak membutuhkan area yang luas.

Saat ini, paling tidak ada seribu jenis serangga yang sudah lebih dulu dikonsumsi manusia. Sebagai contoh, orang Meksiko mencairkan stinkbug (Euschistus crenator) untuk dijadikan saus. Orang Thailand menggoreng kumbang air raksasa, sementara orang-orang dari suku Aborigin Australia mengunyah semut yang terasa seperti jeruk lemon.

Seiring jumlah penduduk dunia yang hampir mencapai tujuh miliar jiwa, Food and Agriculture Organization (FAO) badan PBB yang juga menangani permasalahan krisis pangan dunia, menganggap peternakan serangga merupakan satu langkah yang mengarah ke keamanan pangan.

(thinkstockphoto)

Topik mengenai entomofagi atau praktik memakan serangga sendiri sudah menjadi salah satu topik dalam konferensi yang digelar FAO. Bahkan lembaga ini juga sudah menyusun kebijakan untuk mempromosikan serangga sebagai makanan umat manusia di seluruh dunia.

(Baca juga: Serangga, Bahan Makanan Masa Depan Manusia)

Menurut Gene DeFoliart, salah seorang entomolog, yang gemar menyantap rayap, membuat para penyantap restoran di negara barat yang takut serangga untuk menelan ide ini bulat-bulat merupakan tantangan terbesar. "Sudah waktunya untuk mempertimbangkan hal tersebut secara serius," ucapnya. Jika kita sudah melakukannya, seekor lalat di sup sama artinya dengan hadiah dari sang koki untuk kita.

Informasi Nilai Gizi (takaran saji: 100g)Kumbang air raksasaKalori                 62Lemak total        8,3gFosfor                226mgZat besi              14mgKalsium              44mgKarbohidrat        2,1gProtein               19,8gBelalang kecilKalori                 153Lemak total        6,1gFosfor                238mgZat besi              5mgKalsium              35mgKarbohidrat        3,9gProtein               20,6gKroto (telur semut rangrang)Kalori                 83Lemak total        3,2gFosfor                113mgZat besi              4mgKalsium              8mgKarbohidrat        6,5gProtein               7gJangkrikKalori                 122Lemak total        5,5gFosfor                185mgZat besi              10mgKalsium              76mgKarbohidrat        5,1gProtein               12,9g