Es Krim Rasa Cempedak, Cumi, dan Cabai

By , Jumat, 5 Juli 2013 | 09:59 WIB

Bagi warga Barat, buah-buahan tropis mengundang ketertarikan berbeda. Mengecap rasa, tekstur, dan warna-warna buah ini menjadi petualangan tersendiri.

Dan, memperingati Bulan Es Krim Nasional dan perayaan kemerdekaan bangsanya pada 4 Juli, warga Amerika serikat mencoba mengenalkan es krim dengan rasa berbeda. Dua di antaranya buah-buahan tropis: cempedak dan durian.

Untuk warga Indonesia, es krim durian adalah hal jamak. Rasa buah dengan kulit berduri ini bahkan sudah diproduksi secara massal dan profesional. Tapi bagaimana dengan es krim rasa cempedak?

Pembaca dari Intelligent Travel di National Geographic Travel, merekomendasikan rasa buah dengan nama Latin Artocarpus integer itu. "Anda akan menyukai rasa cempedak dari Asia Tenggara," ujar Nico salah satu pejalan yang pernah menyicipnya.

Rasa berbeda lain yang disarankan oleh para pembaca adalah rasa salmon asap di Valencia, Spanyol. Atau ikan kod asin di wilayah Puerto Rico. "Jika Anda berani, coba saja dengan rasa-rasa lain yang berbeda," kata Laura yang juga berbagi pengalaman.

Es krim dengan tema seafood yang juga direkomendasikan adalah rasa cumi tinta, sarden, dan lobster. Sementara, di bumi belahan lain juga ada es krim dengan rasa rempah-rempah. Misalkan saja es krim rasa bawang putih yang bisa Anda nikmati saat Gilroy Garlic Festival di San Jose, AS, pada 26 - 28 Juli 2013 ini.

Atau jika Anda tidak sempat, maka silakan berkunjung ke restoran Stinking Rose di San Francisco. Restoran ini tidak terbatas waktu untuk menyajikan es krim rasa bawang putih. Rasa petualangan lainnya berupa es krim rasa pala, jahe, bahkan cabai jalapeno.

"Anda belum hidup jika Anda belum mencoba es krim rasa pala di pulau rempah kami yang indah," ujar seorang rekan di Grenada Seafaris Powerboat Adventure, Selatan Karibia.

Jika ini belum terlalu menantang buat Anda, silakan berkunjung ke Heladeria Coromoto di Mérida, Venezuela. Tempat ini dikenal menyajikan 860 rasa es krim dan pernah masuk dalam Guinness World Record. Heladeria Coromoto menyajikan rasa apa pun yang bisa dimakan.