Menyelam Cara Suku Bajau di Festival Togean

By , Jumat, 5 Juli 2013 | 17:00 WIB

Pulau Togean di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, akan menjadi pusat perhatian di akhir Juli 2013. Lantaran, pada 23 - 26 Juli mendatang akan digelar Festival Pulau Togean yang memamerkan kekayaan wisata pantainya.

Ini merupakan festival pertama sejak tahun 2008 silam. Untuk Festival Togean 2013, akan diramaikan oleh perwakilan dari kota dan wilayah di Sulteng. Beberapa perwakilan dari provinsi tetangga juga dijadwalkan bakal hadir.

Acara yang paling dinanti dalam festival ini tidak lain adalah pamer kebolehan Suku Bajau dalam menjelajahi dasar laut. Sebagai suku yang mendiami pulau ini, mereka akan menyelam tanpa bantuan alat modern selama satu jam.

Tapi jika Anda berminat datang hanya untuk menikmati kekayaan pantai, maka Pulau Togean adalah tempat yang tepat. Terletak di tengah Teluk Tomini, perairan Togean menawarkan rayanya alam samudra. Baik di permukaan maupun di dalam.

Pulau ini bisa Anda jangkau melalui kota Gorontalo menggunakan kapal umum yang beroperasi dua kali dalam sepekan. Pulau ini juga bisa Anda singgahi melalui jalur darat Rantepao, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, via Mangkutana, Pendolo, Tentena, dan Poso ke Ampana. Jalur darat akan memakan waktu 14 jam perjalanan.