Mengunjungi Victoria Memorial Hall di Kolkata

By , Sabtu, 13 Juli 2013 | 13:19 WIB

Victoria Memorial Hall terletak di pusat kota Kolkata, ibu kota West Bengal state di India. Bangunan megah ini dikelilingi taman, danau-danau kecil, dan berpagar. Mengingatkan pada Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor.

Peletakkan batu pertama pembangunan gedung ini dilakukan pada 1906. Adalah Sir William Emerson, Presiden dari British Institute of Architects yang merancang desainnya. Gaya arsitekturnya dikenal sebagai Indo-Saracenic yang memasukkan unsur-unsur budaya Mughal.

Ihwal yang mendorong pendirian bangunan ini adalah kematian Ratu Victoria pada Januari 1901. Lord Curzon, yang kemudian menjadi Viceroy of India (posisi semacam pangeran), mengusulkan kepada komunitas bangsawan Inggris agar bangunan monumental semacam ini didirikan sebagai penghormatan abadi kepada Victoria yang juga bergelar Empress of India.

Kubah utama Victoria Memorial Hall setinggi sekitar 56 meter, menopang patung yang melambangkan Victory (kejayaan). Di sekelilingnya terdapat bentukan-bentukan yang masing-masing melambangkan pembelajaran, keibuan, dan kebijaksanaan, seni, keadilan, arsitektur, kedermawanan.

Pada masa kolonial, Kolkata sendiri merupakan ibu kota dari British India. Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung asing dikenakan tiket 150 Rupee. Pengambilan foto hanya diperkenankan di area taman di sekeliling bangunan utama. Begitu memasuki gedung, kamera dilarang.