Makam-Makam Tertuduh Vampir (I)

By , Selasa, 16 Juli 2013 | 10:15 WIB

Kala arkeolog membuka makam kuno di pembangunan jalan layang dekat Gliwice, Polandia, mereka menemukan kubur yang membuat bulu kuduk bergidik: makam tertuduh vampir.

Dalam kubur ini, tempurung kepala dikubur di antara kaki. Ini merupakan ritual kuno Slavia untuk mengubur mereka yang dicurigai sebagai vampir. Seperti dilansir, Senin (15/7), posisi tengkorak sengaja ditempatkan di antara kaki dengan harapan si tertuduh tidak bisa bangkit dari kubur.

Tapi makam jenis ini bukanlah yang perdana ditemukan. Sepanjang sejarah arkeologi, para pakar sudah beberapa kali menemui makam dari mereka yang diduga sebagai makhluk pengisap darah.

Pada 1990-an, arkeolog dari University of British Columbia, Hector Williams, menemukan tulang pria dewasa yang tubuhnya dipancang ke dalam tanah. Kubur itu berasal dari abad ke-19 di Pulau Lesbos, Yunani.

Siapa pun yang menguburkan pria ini, telah menancapkan paku sepanjang 20 sentimeter menembus leher, panggul, dan engkel. Indikasi ini menunjukkan si pria yang tewas tersebut dijaga agar tidak kabur dari liang lahat. Tapi, setelah dianalisa antropolog fisik, tidak ditemukan adanya sesuatu yang istimewa dari pria malang itu.

Makam-Makam Vampir Lainnya di sini