Makam-Makam Tertuduh Vampir (II)

By , Selasa, 16 Juli 2013 | 10:16 WIB
()

Di penjuru dunia, banyak ditemukan makam manusia-manusia yang dituduh sebgai vampir. Penemuan teranyar berasal dari Polandia, di mana tengkorak di dalam kubur diletakkan di antara kedua kakinya

Lalu, ada lagi penemuan dari tim yang dipimpin arkeolog forensik, Matteo Borrini, dari University of Florence. Mereka menemukan makam tertuduh vampir di Pulau Lazzaretto Nuovo, Italia.

Dalam kasus ini, tengkorak yang ditemukan milik seorang wanita tua dengan mulut yang disumpal alat seukuran batu bata. Ini merupakan bentuk pengusiran setan yang pernah dipraktikan pada tertuduh vampir di Italia.

Kemudian loncat ke Dunia Baru pada 1990-an. Saat arkeolog yang tengah menggali makam dari abad 18 - 19 di dekat Griswold, Connecticut, AS, menemukan kubur yang tidak biasa. Makam ini berisi pria berusia sekitar 50 tahunan dengan kepala dan kaki bagian atas diletakkan dalam formasi "tengkorak dan tulang bersilang".

Dari hasil studi antropologi fisik, pria ini tewas karena tuberculosis. Mereka yang terpapar penyakit ini akan nampak pucat, susut berat badannya, dan kelihatan "merana". "Hasrat vampir untuk 'makan' memaksa mereka untuk memakan saudara yang masih hidup yang juga mengalami kemeranaan yang sama," tulis peneliti dalam The American Journal of Physical Anthropology.

(Ilustrasi, Thinkstock)

KenyataannyaMayoritas arkeolog yakin jika keyakinan mengenai vampir bisa tumbuh karena kesalahpahaman pada penyakit seperti TBC.

Ditambah dengan rendahnya pengetahuan mengenai proses dekomposisi mayat manusia.

Meski pada abad ke-19, warga di Benua Amerika dan Eropa sudah paham dengan perubahan yang terjadi pada manusia saat ia meninggal dunia, tidak pernah ada observasi mengenai apa yang terjadi pada tubuh dalam hitungan pekan hingga bulan.

Sebagai contoh, kekakuan pada tubuh manusia yang meninggal dunia akhirnya hilang dan menghasilkan anggota tubuh yang fleksibel. Atau saat sistem gastrointestinal mulai membusuk dan menghasilkan cairan hitam --terkadang sering dianggap darah. Dengan demikian, tinggal menunggu waktu, di mana, dan kapan penemuan kubur macam ini lagi.

Baca sebelumnya: Makam-Makam Tertuduh Vampir (I)