Kemegahan Lambang Karya Seni Khmer

By , Selasa, 16 Juli 2013 | 11:33 WIB

Angkor Wat senantiasa menjadi tempat ibadah dan lambang Kamboja modern --meskipun kerajaan Khmer telah memudar dan hutan kembali menutup Angkor, Ibu Kota-nya yang megah.

Selama 600 tahun raja Khmer memerintah, sebagian besar Asia Tenggara seraya membangun candi-candi yang termasuk deretan karya seni terhebat di dunia. Berikut lima fakta menarik seputar kompleks Candi Angkor.

1. Persembahan kepada Dewa WisnuMonumen keagamaan terbesar di dunia ini dibangun dalam dalam waktu kurang dari 40 tahun. Bangunan ini berubah menjadi candi Buddha atau wat sejak abad ke-15.

2. Geometri suciApabila kita perhatikan dengan cermat, Angkor Wat menyimpan kosmos Hindu. Para ahli menyebutkan, kelima menara di kuil tengah adalah puncak Mahameru dalam mitologi, poros alam semesta, dan kediaman dewa-dewi

3. Raja Khmer terbesarJayawarman VII, pemeluk Buddha, menguasai Kerajaan Khmer pada 1181 hingga sekitar 1215. Ia membangkitkan kerajaan yang terkoyak oleh pertikaian internal dan kekalahan perang dengan Champa, kerajaan di Vietnam masa kini.

4. Penemuan kembali AngkorAlexandre-Henri Mouhot, naturalis asal Prancis mengunjungi reruntuhan Angkor pada 1860. Ia melanjutkan laporan seorang misionaris asal Prancis. Penerbitan gambar dan jurnalnya mengawali penemuan kembali Angkor oleh dunia barat.

5.Kisah dalam batuSaat mengunjungi kompleks candi di Angkor, perhatikanlah mural-mural relief tipis nan luas. Di Candi Bayon, relief-relief itu tidak hanya mengabadikan kemenangan dalam pertempuran, tetapi juga kehidupan sehari-hari Khmer, yaitu, kelahiran, perjudian, dan  pasar.

Artikel ini merupakan bagian dari Edisi Khusus National Geographic Traveler Indonesia edisi Januari 2012.