6 Fakta Penting Si Penyebar Biji

By , Rabu, 24 Juli 2013 | 19:30 WIB

Jangan pandang sebelah mata jenis burung yang satu ini. Rangkong memiliki arti yang besar bagi ekosistem hutan, juga manusia yang hidup berdampingan dengannya. Silakan simak fakta-fakta di balik kecantikan burung yang satu ini.

1. Di dunia, rangkong hidup di berbagai jenis habitat. Mulai dari stepa di perbatasan Gurun Namib, Afrika, hingga hutan yang lembab di Indonesia, juga Kepulauan Solomon.

2. Hampir seluruh rangkong di dunia memiliki suara kepak sayap yang berisik hingga amat mudah dikenali walaupun burung itu tak terlihat karena tertutup tajuk hutan. Selain itu, hampir semua rangkong memiliki warna cerah di balung dan paruhnya, dan juga tubuhnya: merah, kuning, biru, serta hijau.

3. Kemolekan sang rangkong membuat masyarakat yang hidup bersamanya takjub, membawa burung ini dalam kebudayaan mereka. Suku di Kamerun memakai meletakkan kepala rangkong di kepala mereka untuk menyamar saat berburu. Di Filipina, kepala rangkong dijadikan hiasan dalam upacara adat. Sedangkan di Indonesia, bulu-bulunya yang menawan digunakan dalam tari-tarian masyarakat Dayak.

4. Di Indonesia, ukuran rangkong beragam. Rangkong terkecil memiliki panjang tubuh 45 cm. Namun yang terbesar, memiliki panjang hingga kira-kira setinggi tubuh pria dewasa, yaitu sekitar 1,7 meter yang diukur dari ujung kepala hingga ujung ekor.

5. Berdasarkan ukurannya yang besar ini, rangkong jadi memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan burung lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti rangkong Suer Suryadi di TWA Batuputih, Sulawesi Utara, jarak yang ditempuh rangkong dalam sehari ialah 39 km (sama dengan jarak Jakarta Cibinong).

6. Daya terbang yang jauh ini membuatnya sebagai burung yang sangat baik dalam menyebarkan biji dari buah-buahan yang dimakannya. Dengan menyebarkan biji yang akan tumbuh menjadi pohon baru di seluruh penjuru hutan, kelestarian hutan tetap terjaga. Yok Yok Hadiprakarsa yang juga meneliti rangkong, menyebutnya sebagai burung yang paling efektif dalam menyebarkan biji.

Ikuti kisah rangkong dalam Penabur Benih Menuai Badai dan nikmati pula keindahan ilustrasi 13 rangkong yang ada di Indonesia dalam majalah National Geographic Indonesia edisi Agustus 2013.