Menelisik Nama Bayi Kerajaan Inggris

By , Kamis, 25 Juli 2013 | 15:09 WIB

George Alexander Louis dengan gelar His Royal Highness Prince George of Cambridge menjadi nama bayi Kate Middleton dan Pangeran William. George kelak akan menjadi pewaris tahta kerajaan Inggris.

Menurut para pakar nama, nama bayi dan gelar yang diberikan tak lagi mengejutkan publik. George dan Alexander merupakan dua nama yang memiliki peluang besar dalam taruhan menebak nama bayi kerajaan. Sementara gelar yang diberikan memang telah menjadi dan meneruskan tradisi kerajaan monarki Inggris. Para pakar beranggapan di masa datang teman dari pangeran ataupun masyarakat justru akan lebih mengenal sang pangeran dengan sebutan lain yang bukan nama pemberian orang tuanya. Seluruh nama bayi kerajaan memang harus tunduk dengan tradisi dan warisan keluarga. George sendiri diambil dari nama ayah dan kakek dari Ratu Elizabeth yang merupakan King George VI dan juga merupakan panggilan klasik Inggris."George merupakan nama utama di Inggris, Alexander diambil dari nama Ratu Victoria Alexandrina. Dan Louis juga diambil dari nama beberapa keluarga kerajaan lainnya," ujar Laura Wattenberg, pakar nama bayi.Lebih lanjut Wattenberg mengungkapkan bahwa kerajaan tidak mungkin melenceng jauh dari nama yang sangat tradisonal. Tradisi adalah kunci, meskipun Ratu Elizabeth secara teknis menjadi Ketua Parlemen, keluarga kerajaan tidak lagi memainkan peran penting dalam dunia politik atau kelangsungan keseharian negara.Namun, nama George dinilai para pakar nama, terlalu klasik dan biasa karena telah banyak orang menggunakan nama itu. Sebut saja dua nama mantan Presiden Amerika Serikat yang menggunakan nama George, masing-masing George Herbert Walker Bush dan putranya, George Walker Bush. "Terlalu banyak nama George di luar sana, menjadi sangat sulit untuk membedakannya," tandas Wattenberg.Meskipun sang pangeran bernama George tak lantas akan dipanggil dengan sebutan Raja George oleh media jika ia kelak menjadi pewaris tahta. Masyarakat bisa saja memanggilnya dengan sebutan lain.

Seperti halnya Ratu Victoria yang mengambil nama tengah untuk rakyat memanggilnya. Selain sebutan Pangeran Harry di mana sebenarnya memiliki nama Henry. Bahkan Raja George VI, ayah Ratu Elizabeth, sebenarnya bernama Albert. Namun, saat itu di tengah kecamuk Perang Dunia II, ia mengambil nama yang lebih klasik Inggris karena khawatir nama Albert terdengar terlalu Jerman.