Tujuh Fakta Unik Orangutan (II)

By , Kamis, 15 Agustus 2013 | 16:32 WIB

Sebelumnya Anda sudah menilik empat dari tujuh fakta unik orangutan. Berikutnya ada tiga fakta menarik lagi mengenai orangutan monyet.

5. Orangutan bukan monyetOrangutan bukan masuk dalam kategori monyet, salah satu cirinya adalah karena mereka tidak memiliki ekor yang panjang. Orangutan masuk dalam keluarga kera. Secara spesifik kera besar seperti gorila, simpanse, dan lutung.

Dalam bahasa Inggris, keluarga primata yang masuk ke jenis monyet disebut dengan monkey, dan keluarga primata yang masuk ke jenis kera, disebut dengan ape. Orangutan masuk dalam ke jenis yang kedua.

6. Kekuatan orangutan sama dengan enam kali lipat manusiaMenurut informasi dari Orangutan Information Center, orangutan memiliki kekuatan enam kali lipat manusia dewasa, memiliki empat tangan dan juga gigitan yang sangat kuat. Namun, umumnya orangutan bersifat tenang dan tidak berbahaya --jika tidak diganggu. Jika berpapasan dengan jantan lainnya, mereka biasanya mencoba menghindari perkelahian dengan gaya saling mengancam.

7. Buah adalah favoritMakanan utama orangutan adalah buah, yaitu sekitar 60 persen. Mereka juga suka dedaunan yang masih muda. Sekitar 25 persen pakan mereka adalah daun yang masih muda. Selebihnya adalah bunga dan kulit pohon sekitar 10 persen; serangga kecil seperti semut, jangkrik dan rayap sekitar lima persen.

Empat fakta unik orangutan sebelumnya ada di sini...