45.000 Pelari Bakal Rayakan Ultah Kemerdekaan RI

By , Jumat, 16 Agustus 2013 | 10:10 WIB

Ditargetkan sebanyak 45.000 peserta akan meramaikan acara Independence Day Run, yang digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-68 pada 25 Agustus mendatang di Jakarta.

Uniknya kompetisi ini akan terbagi menjadi dua kategori: 17 dan 8 kilometer. Kedua angka ini melambangkan tanggal (hari dan bulan) kemerdekaan Indonesia.

Sementara dari jumlah peserta adalah 45.000 pelari; ini terbuka untuk umum juga pelari profesional. Rute lari akan dimulai dari depan Istana Merdeka, dan finish di Silang Barat Daya Monas.

Mengusung tema "Semangat untuk Merah Putih", lomba lari diadakan dengan tujuan mengundang seluruh lapisan masyarakat berolahraga dan bergembira bersama memperingati HUT RI ke-68.

Brigjen TNI Toto Rianto, Kasgartap I/Jakarta, selaku Ketua Panitia Bersama Independence Day Run, Kamis (15/8), mengatakan bahwa selama ini kegiatan peringatan hari kemerdekaan selalu dilaksanakan di dalam Kompleks Istana Kepresidenan. Dengan begitu, partisipasi masyarakat masih sangat terbatas.

"Oleh karena itu, perlu diselenggarakan sebuah gelaran di mana seluruh rakyat secara terbuka kami ajak aktif memeriahkan ulang tahun kemerdekaan. Itu diinisiasi melalui Independence Day Run yang merupakan kegiatan bersama," ujar Toto.

Jika ingin menjadi peserta, bisa mendaftarkan diri terlebih dulu tanpa dipungut biaya. Dapat diakses melalui situs www.imroadrunner.com yang telah dibuka sejak 5 Agustus dan akan ditutup pada 21 Agustus 2013 pukul 18.00 WIB.