Puma Florida Pulih dari Ambang Kepunahan

By , Jumat, 16 Agustus 2013 | 10:43 WIB

Menurut keterangan resminya, ratusan penampakan puma florida (Puma concolor coryi) yang menjelajahi kawasan Florida, Amerika Serikat telah dilaporkan pada publik lewat situs Fish and Wildlife Conservation Commission (FWC) yang diluncurkan setahun lalu.

Per 13 Agustus 2013, masyarakat telah melaporkan 790 kasus penampakan puma florida ke MyFWC.com/PantherSightings di mana orang-orang bisa mencatatat kapan dan di mana mereka melihat hewan tersebut di lapangan.

"Hanya 12 persen dari laporan tersebut yang dilengkapi dengan foto dan bisa dievaluasi oleh biolog komisi tersebut. Dari kasus yang ada fotonya, mayoritas bisa dikonfirmasikan sebagai puma. Satwa lain yang teridentifikasi oleh biolog FWC antara lain adalah bobcat, rubah, coyote, anjing, kucing, dan bahkan monyet. Jika bukan puma, hewan ataupun jejak kaki yang paling sering dilaporkan adalah milik bobcat," sebut laporan itu.

Laporan yang berhasil diverifikasi umumnya terbatas di kawasan barat daya Florida, sebuah kawasan yang dikenal sebagai tempat beranak pinaknya puma di negara bagian tersebut. Ada pula beberapa temuan yang berhasil diverifikasi di selatan Florida.

"Kesediaan warga untuk membagikan apa yang mereka lihat atau kumpulkan lewat kamera sangat membantu dan menunjukkan pada kita di mana puma tinggal di Florida," kata Darrell Land, team manager macan kumbang dari FWC.

"Dengan tumbuhnya populasi hewan terancam punah tersebut, FWC berharap bahwa puma florida akan ditemui di kawasan di mana mereka sudah tidak tinggali selama beberapa dekade," tambah Land. "Untuk dapat merencanakan dan mengelola dengan baik kawasan puma di Florida, informasi terkait di mana keberadaan satwa tersebut sangatlah vital," ucapnya.

Lembaga itu sendiri memperkirakan bahwa populasi puma florida mencapai 100 sampai 160 ekor satwa dewasa dan satwa berusia setahunan. Angka ini di luar jumlah populasi anak-anak puma. Sebagai gambaran, pada tahun 1970an, puma florida hampir punah. Hanya sekitar 20 ekor saja yang tersisa di alam bebas.