Tujuh Lambang Kemegahan Flores Barat (II)

By , Jumat, 16 Agustus 2013 | 11:40 WIB

Sebelumnya Anda sudah menyimak empat dari tujuh lambang kemegahan Flores Barat. Tiga berikutnya sebagai berikut:

5. Caci, permainan cambukCtarr! Satu cambukan mendarat di tubuh Petrus, salah seorang pemain. Luka yang tak menyurutkan sikap ksatria para pemain. Inilah cermin keunikan Flores bagian barat yang menjadi hiburan bagi hampir seluruh lelaki Manggarai.

Caci dipandang sebagai cara membuktikan keperkasaan dan kegagahan seorang laki-laki. Belakangan, permainan cambuk ini menjelma sebagai pertunjukan menyenangkan bagi wisawatawan.

6.Mbeliling dan Sano NggoangKawasan yang saling terhubung ini menjadi lanskap penting dalam bingkai pelestarian tetumbuhan dan satwa endemik Flores. Para peneliti telah menemukan 20 jenis tumbuhan endemik Nusa Tenggara.

Hutan Mbeliling menjadi sumber air terbesar yang dimanfaatkan sekitar 33.000 jiwa untuk minum, mencuci, mandi, dan pertanian. Kawasan hutan ini memberi sumbangan besar untuk kebutuhan air minum bersih bagi masyarakat.

7. Kehicap FloresKehicap Flores bisa ditemukan di kawasan hutan Mbeliling. Menurut Samuel Rabenak, seorang pengamat dan peneliti burung, burung ini kelihatannya tidak banyak di alam. Selama ia melakukan pengamatan, tidak lebih dari satu yang dilihat tiap kali pengamatan.

Suaranya khas dan hanya sesekali bersuara. Kebiasaannya selalu bersama dengan burung opior jambul dan opior paruh tebal.

Simak empat dari tujuh kemegahan Flores Barat sebelumnya di tautan ini...