Mahakarya Koleksi Kudus (I)

By , Jumat, 16 Agustus 2013 | 18:01 WIB

Inilah sebagian mahakarya koleksi museum hidup Kudus yang mengagumkan.

Masjid Al AqsaBerdiri kontras di sisi Menara Kudus, masjid ini juga disebut sebagai Masjid Al Manar. Merupakan peninggalan Islam pada masa awal hadirnya di Kudus. Dibangun pada masa Sunan Kudus.

Kelenteng Hok Ling BioTempat ibadah penganut Kong Hu Cu di Desa Langgar Dalem (kawasan Kudus Kulon). Bangunan terawat baik di bawah kepemilikan Yayasan Nyoo Thiam Huk. Keberadaan klenteng yang dibangun pada abad 15 (dua kali direnovasi pada 1889 dan 1976) ini menyimbolkan kerukunan umat.

Gapura Padureksan Kidul MenaraPintu utama di sisi selatan menara menuju area parkir kendaraan roda dua. Ada rajah atau semacam guratan aksara Arab di beberapa sudut pintu kayu. Masyarakat setempat percaya, bila ada pejabat masuk lewat pintung setinggi 2,2 meter ini, pamornya menyurut.

Menara KudusIkon kota Kudus setinggi 18 meter ini dibangun pada 1687, bermaterial bata merah dan beratap sirap. Menara berciri arsitektur mirip candi zaman Majapahit ini menjadi simbol budaya Hindu dan Islam.

Pancuran WuduDelapan keran air yang khusus digunakan kaum pria berwudu sebelum beribadah di Masjid Al Aqsa. Bagian kepala pancuran berupa batu bata berpahat khas.

Koleksi Kudus lainnya di tautan ini