Mahakarya Koleksi Kudus (II)

By , Jumat, 16 Agustus 2013 | 18:01 WIB

Inilah sebagian mahakarya koleksi museum hidup Kudus yang mengagumkan.

Gapura KembarTerdapat di teras depan Masjid Al Aqsa dan terlihat kontras karena berbahan batu bata merah dengan pintu kayu. Pada zaman kewalian Sunan Kudus, berfungsi sebagai pagar benteng, sekarang menjadi pengaman masjid.

Gapura sampingMenghubungkan pelataran selatan (area parkir kendaraan roda dua) dengan pelataran Masjid Al Aqsa yang pada Jumat juga digunakan umat sebagai tempat salah beralas tikar.

Gapura Gerbang TajugMembelah area parkir di pelataran selatan Masjid Al Aqsa. Satu sisi beratap dan sisi lainnya tak beratap. Semua gapura dibangun berbahan batu bata merah dengan corak arsitektur gapura Hindu.

Istana KembarDua bangunan rumah kuno yang berbentuk indentik dan terpisah Sungai Gelis, satu di barat dan satu di timur. Dibangun pada 1909, merupakan rumah tinggal Niti Semito, tokoh perintis industri rokok kretek Cap Bal Tiga di Kota Kudus.

Makam Sunan KudusTerletak di bagian Masjid Al Aqsa dan bisa diakses melalui gapura-gapura di selatan. Makam terletak di tengah bangunan pendopo berhias ukiran kayu jati dan tertutup kelambu putih (luwur). Pada saat Buka Luwur, staf YM3SK membagikan 30 ribu-an bungkus nasi jangkrik kepada masyarakat setempat, juga Pati dan Demak.

Koleksi mahakarya Kudus sebelumnya di sini