Cokelat Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

By , Selasa, 20 Agustus 2013 | 09:00 WIB

Kita sudah tahu begitu banyak manfaat dari cokelat. Sebuah penelitian terbaru dari sekelompok ilmuwan di London menemukan bahwa mereka yang makan 20 gram cokelat hitam selama 12 minggu mampu tinggal di bawah sinar matahari dua kali lebih lama tanpa terbakar dibandingkan dengan mereka yang tidak makan cokelat.

Pada tahun 2009, Journal of Cosmetic Dermatology mengungkapkan bahwa cokelat hitam menawarkan perlindungan yang signifikan terhadap efek ultraviolet yang berbahaya dari matahari, yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dan pada tahun 2006, ilmuwan Jerman juga menemukan cokelat dapat membantu melindungi terhadap sinar yang menyebabkan kanker.

“Data ilmiah mendukung makan cokelat tinggi flavonoid, senyawa antioksidan yang biasanya ditemukan dalam cokelat hitam, dapat melindungi kulit, terutama terhadap kulit terbakar dan rusak akibat ultraviolet,” kata dermatolog Dr. Oscar Hevia. “Satu penelitian memang menunjukkan bahwa setelah tiga bulan mengonsumsi cokelat tinggi flavanol ternyata juga meningkatkan ketebalan kulit, hidrasi, dan mikrosirkulasi, sehingga meningkatkan penampilan kulit.”

Jika kita makan cokelat untuk diambil manfaat kesehatannya, maka fokuskan pada cokelat hitam atau cokelat bubuk, yang memiliki konsentrasi antioksidan lebih tinggi. Biji kakao itu sendiri memberikan manfaat antioksidan yang kuat ketika dicerna, tidak bahan lainnya dalam cokelat atau bubuk kakao. Ini penting karena kualitas cokelat sangat bervariasi, bahkan cokelat hitam saja terkadang hanya memiliki sedikit molekul antioksidan yang sehat dari yang kita harapkan. Kalau susu cokelat, jelas tidak memiliki manfaat apapun. Cokelat yang dapat membantu kulit melawan kerusakan akibat sinar matahari itu adalah kakao berkualitas tinggi. Bisa dikatakan, jenis yang hampir tidak enak rasanya.

Makanlah cokelat hitam yang mengandung sedikit lemak sebagai senyawa antikanker dan antipenuaan, dalam jumlah sewajarnya. Hati-hati terhadap cokelat olahan karena kandungan gulanya yang tinggi. Gula olahan akan menyebabkan peningkatan peradangan dan risiko memburuknya jerawat dan kondisi lain peradangan, seperti diabetes atau penyakit jantung.

Cokelat hitam yang mengandung lebih dari 70 persen kakao memiliki manfaat terbesar bagi kulit. Apakah itu dimakan begitu saja atau digunakan sebagai lulur cokelat saat di spa.

Anda mau membuktikannya sendiri?