Diangkat, Tumor Seberat Anak Usia Tujuh Tahun

By , Rabu, 21 Agustus 2013 | 15:53 WIB

Dokter ahli bedah di Bulgaria berhasil mengangkat tumor raksasa seberat 23 kilogram yang bersarang di dalam tubuh wanita 67 tahun pada hari Senin (19/8) waktu setempat.

Pasien menjalani awalnya perawatan di rumah sakit dengan keluhan mengalami komplikasi dan demam tinggi setelah menderita flu. Namun dokter dari Rumah Sakit Kebidanan dan Ginekologi, di Sofia, Bulgaria, menemukan tumor dalam ukuran yang sangat besar menjangkiti beberapa organ vital wanita tersebut.Melihat kondisi itu, maka tim dokter memutuskan untuk mengeluarkan tumor, karena jika tidak segera diangkat akan lebih membahayakan kesehatan tubuh pasien. "Kami mengeluarkan tumor seberat 23 kilogram, berat ini sama dengan berat anak berusia tujuh atau delapan tahun," kata dokter bedah  Bozhidar Slavchevahli.

Perempuan tua yang baru saja diangkat tumornya menuturkan kepada tim dokter bahwa ia telah mengetahui tumor tersebut selama 20 tahun. Namun, rasa takut yang selalu menghantui dirinya, maka ia urung menjalani operasi hingga tumor membesar mencapai berat 23 kilogram. Pasca-menjalani operasi pengangkatan tumor, maka wanita tersebut kini kehilangan sepertiga berat badannya dari total berat badan sebelumnya.