Tips Menjaga Paspor, si Kunci Menjelajah Dunia

By , Sabtu, 31 Agustus 2013 | 09:00 WIB

Menyebut paspor, terbayanglah sebuah benda kecil yang menjadi semacam kunci untuk membuka pintu gerbang penjelajahan kelas non-domestik. Buku ini adalah bekal identifikasi diri agar bisa dikenal di semua sudut planet Bumi. Inilah beberapa tips menjaga dan menggunakan paspor secara lebih optimal:

1. Siapkan Passport Holder, sebagai wadah dokumen penting perjalanan seperti paspor, boarding pass, formulir-formulir isian seperti Arrival dan Departure Card. Pilih yang terbuat dari bahan kedap air serta nyaman di kulit, utamanya bila memilih model yang dikalungkan pada leher.

2. Pindahkan segala macam dokumen yang tidak lagi dbutuhkan. Silakan menyimpan boarding pass, bukti pembayaran atau segala bukti otentik dalam bentuk kertas sebagai kenangan perjalanan. Tapi pisahkan dari dokumen yang dibutuhkan saat ini.

3. Bantu petugas imigrasi untuk melakukan identifikasi. Saat membuat foto paspor, pastikan penampilan Anda adalah yang paling representatif. Pastikan juga nama lengkap, tanggal lahir, dan segala keterangan yang ada, memang sesuai dengan tanda pengenal yang lain.

4. Selalu cek |Expiry Date paspor. Urus proses perpanjangan masa berlaku paspor, maksimal tiga bulan sebelum waktu bepergian. Jangan lupa sediakan dokumen-dokumen pendukung. Pastikan nominal yang harus dibayarkan dan hindari calo.

5. Bayangkan betapa sulitnya bepergian, ketika paspor Anda hilang. Ada pula kondisi di mana Anda harus memberikan paspor sebagai alat jaminan, buatlah  fotokopi, serta simpan dalam bentuk digital.