Festival Danau Toba 2013 Siap Digelar

By , Selasa, 3 September 2013 | 09:31 WIB

Festival Danau Toba 2013 yang digelar 8 - 14 September sudah hampir rampung, persiapannya saat ini mencapai 80 persen. Festival diselenggarakan di Bukit Beta, Pantai Tuk-Tuk, Pulau Samosir.

Ketua Panitia Nasional Festival Danau Toba dan Bupati Samosir Mangindar Simbolon, mengutarakan, persiapan fisik jelang acara hanya tinggal pembuatan panggung, pemasangan umbul-umbul, dan spanduk.

Warga masyarakat antusias menyambut festival ini. Para siswa dan pegawai negeri sipil juga dikerahkan panitia turut membantu mempersiapkan infrastruktur.

Festival Danau Toba ingin mengemukakan kembali hakikat budaya Batak. Di samping itu gelaran yang tahun ini dari sisi acaranya ditingkatkan dengan harapan makin semarak, pula bertujuan menarik kunjungan wisatawan yang ditargetkan hingga minimal 50.000 orang. Apalagi ditambah bandara baru di Sumatra Utara, Bandara Internasional Kualanamu, diharapkan dapat mempermudah akses menuju Danau Toba.

Festival Danau Toba, yang awalnya bernama Pesta Danau Toba, merupakan gelaran yang puluhan tahun sebelumnya sudah terselenggara. Pada penyelenggaraan kali ini, Kementerian Parekraf ikut secara langsung ambil bagian dalam membentuk konsep dan mengkoordinisasi pelaksanaan melibatkan seluruh pemerintah kabupaten dan kota se-Sumut. Itu dilakukan membangun pariwisata Danau Toba yang sempat redup gaungnya.