Sup Senerek dari Magelang

By , Senin, 9 September 2013 | 21:27 WIB
()

Kota Magelang adalah gerbang menuju destinasi wisata Candi Borobudur. Anda dapat meluangkan waktu sejenak di sini, untuk merasakan suasana kota yang berada di lembah Gunung Tidar.  

Selain kemegahan Candi Borobudur, pejalan yang singgah di Magelang dapat menikmati beberapa destinasi wisata andalannya. Taman Kyai Langgeng adalah destinasi tepat bagi seluruh anggota keluarga. Anak-anak dapat berenang serta menimba ilmu pengetahuan di Anjungan Dirgantara dengan pesawat terbang tiruan. 

Bila Anda menginginkan wisata di dalam kota, dapat menjelajah ke Gunung Tidar—juga disebut Bukit Tidar—untuk memandang kota dari ketinggian serta menikmati kesegaran udara di antara pepohonan pinus setelah melewati Akademi Militer (Akmil).  Selain itu, Anda dapat berjalan kaki keliling alun-alun kota atau berwisata kuliner.

Sup senerek, salah satu hidangan khas Magelang. Bercita rasa hangat, segar dan berempah (R. Ukirsari Manggalani/NGT)

Sup senerek adalah hidangan kebanggaan Magelang.  Menggunakan kacang merah sebagai bahan dasar, sup ini berbeda dibandingkan sup brenebon (dari kata bruine bonen, bahasa Belanda) khas Manado. 

Disajikan dalam mangkuk atau piring, urutannya adalah nasi putih, potongan-potongan daging sapi, kentang, wortel, sayur bayam lantas disiram kuah panas serta ditaburi bawang goreng.  Kuahnya gurih, beriring aroma lada dan pala.

Bila kurang pedas, silakan ditambah sambal dan sebagai pendamping tersedia goreng tempe, jeroan sapi sampai perkedel.  Beberapa kedai sup senerek yang direkomendasikan adalah warung senerek Bu Atmo di Jalan Mangkubumi serta rumah makan Pak Parto di Jalan Ikhlas.

Menu lain yang dapat dicoba adalah nasi goreng magelangan. Kekhasannya adalah nasi digoreng dengan bumbu kecap dan dicampur mi telur, makin mantap bila dimasak di atas anglo atau tungku tradisional.

Ada pula kupat tahu, yaitu tahu goreng dipotong-potong, disajikan bersama potongan ketupat, irisan kol rebus, bakwan serta kuah kacang cair bercita rasa manis pedas.  Sementara untuk buah tangan atau oleh-oleh, Anda dapat memilih gethuk trio alias getuk singkong tiga warna: cokelat, putih dan merah muda, wajik ketan (dimasak dengan gula jawa sehingga berwarna kecokelatan) serta tape ketan.

Selamat menjelajah Kota Magelang untuk menikmati keasrian kota serta aneka hidangannya yang selaras dengan cuaca sejuk kawasan ini.