Tian Tian si Panda dapat Hadiah "Mobil"

By , Rabu, 25 September 2013 | 16:19 WIB
()

Tian Tian, panda jantan dan satu dari dua koleksi panda di Kebun Binatang National Smithsonian, Washington, D.C, Amerika Serikat, memasuki usianya yang ke-16 pada tahun 2013. Sebagai bentuk perayaan, para petugas di kebun binatang tersebut membuat kue berbentuk mobil yang terbuat dari wortel tumbuk.

Dikatakan Sara Colandrea, salah satu petugas Kebun Binatang National Smithsonian, "Cara terbaik merayakan ulang tahun ke-16 dengan kue. Dan tiap anak lelaki butuh mobil," ujarnya lalu tertawa.

Kue ini diproses dengan cara natural. Di mana wortel tumbuk yang sudah direndam dalam air, dimasukkan ke dalam cetakan. Di saat bersamaan, buat juga pir yang ditusuk di ujung bambu yang sudah dipotong kira-kira sepanjang 100 sentimeter, mirip sate pir. Bagian ini akan jadi bagian "roda" dari kue mobil.

Sesudah semua lengkap, "mobil" dibekukan dalam pendingin. Saat "mobil" siap, aprikot ditempelkan sebagai sebagai lampu depan dan jendela.

Mike Maslanka, ahli gizi senior di kebun binatang ini mengatakan, "Mereka membuat makanan dari pangan yang normal dikonsumsi dan akan kita gabung dengan sumber lain yang memperkaya. Dengan begitu kita tahu energi, lemak, dan protein yang ada di dalamnya."

Tian Tian dan "mobil" hadiah ulang tahunnya di Kebun Binatang National Smithsonian, Washington, D.C, Amerika Serikat (National Geographic Video)

Video lengkap Tian Tian menjilat, memakan, dan memeluk kue ulang tahunnya, bisa Anda lihat di tautan ini.

Tian Tian merupakan pasangan dari Mei Xiang dan masuk dalam program kerja sama antara pihak kebun binatang dengan China Wildlife Conservation Association. Kerja sama yang ditandatangani pada 2011 ini akan berlangsung hingga 2015. Tujuan utamanya adalah membantu konservasi dan melestarikan panda yang terancam keberadaannya di alam liar.

Simak juga: Kotoran Panda, Solusi Energi Terbarukan