Sepuluh Negara Terbaik Habiskan Masa Pensiun

By , Kamis, 3 Oktober 2013 | 14:57 WIB
()

Berkat perbaikan gizi, sanitasi, dan teknologi medis, maka harapan hidup populasi global pun ikut meningkat. Menggunakan data yang tersedia untuk memberikan gambaran kualitas hidup orang tua di 91 negara, AgeWatch Global Index menilai dengan menggunakan 13 indikator yang berbeda di empat kategori utama.

Antara lain jaminan pendapatan, status kesehatan, pendidikan dan pekerjaan, dan lingkungan yang memungkinkan para orang tua dapat hidup mandiri. Berikut adalah sepuluh negara terbaik bagi para lansia.1.SwediaSwedia menempati urutan teratas sebagai tempat terbaik bagi para manula menjalani masa pensiun mereka. Bangsa Skandinavia ini berada pada sepuluh teratas untuk keempat kategori yang diukur dalam AgeWatch Global Indeks.2. NorwegiaNorwegia menempati urutan kedua sebagai negara terbaik bagi para lansia. Dari negara-negara yang termasuk dalam AgeWatch Global Index, Norwegia memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita tertinggi.3. JermanJerman menduduki peringkat ketiga dalam AgeWatch Indeks Global, sekaligus peringkat tertinggi dari seluruh negara yang tergabung dalam G20. Jerman menduduki peringkat lebih tinggi dalam UNDP dalam hal Indeks Pembangunan Manusia dimana indeks tersebut berdasarkan pada harapan hidup, pendapatan dan pendidikan, di semua kelompok umur.

Rumah Anne Frank di tepian kanal Prinsengracht, Amsterdam. Gadis ini tewas di kamp konsentrasi karena menderita tipus, lima bulan jelang kekalahan Jerman. Museum dibuka sejak 1960 atas prakarsa ayahnya, Otto Frank, penyintas Perang Dunia II (Mahandis Y. Thamrin/NGI).

4. BelandaBelanda ada di peringkat empat sebagai tempat terbaik menghabiskan masa tua. Keempat bangsa yang menempati urutan teratas memiliki perbedaan pendapatan terendah dari seluruh negara yang diukur dalam indeks.5. KanadaKanada menempati peringkat kelima dan menduduki peringkat teratas di antara bangsa Amerika Utara sebagai tempat terbaik bagi bagi mereka menghabiskan masa pensiun. Kanada menempati urutan kedua terbaik di dunia hal perawatan kesehatan bagi manula.6. SwissSwiss menduduki tempat teratas untuk kategori 'status kesehatan', ini terlihat dari kesehatan secara keseluruhan masyarakatnya pada usia 60, angka harapan hidup setelah 60, dan kesejahteraan psikologis.7. Selandia BaruMeskipun orang tua di Selandia Baru memiliki pendapatan yang relatif rendah dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di negara-negara maju lainnya, mereka miliki tingkat kemiskinan yang terendah di antara pensiunan di negara lainnya. Pemerintah fokus pada kecukupan pensiun daripada hubungan yang kuat antara pensiun dan laba.

8. Amerika SerikatDalam hal pekerjaan dan pendidikan, Amerika Serikat memberikan kesempatan profesional dan akademik bagi para manula.9. IslandiaIslandia menduduki peringkat tertinggi dalam menyediakan lingkungan yang baik di mana para manula dapat berkembang, yang berarti memastikan keselamatan mereka, menawarkan pilihan transportasi umum.10. JepangJepang menjadi negara Asia pertama yang masuk kedalam sepuluh negara terbaik bagi para lansia. Jepang juga memilliki angka harapan hidup terbaik di dunia, di mana 31,6 persen penduduknya berusia 60 tahun atau lebih. Pada tahun 2050, jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi 41,5 persen.

Selanjutanya: Sepuluh Negara Terburuk bagi Lansia