Pertama Kali, Karya Andy Warhol Dipamerkan di Gedung Parlemen Skotlandia

By , Sabtu, 5 Oktober 2013 | 20:22 WIB

Sebuah eksebisi Andy Warhol digelar di Holyrood, untuk pertama kalinya eksebisi seorang seniman dilakukan di gedung parlemen.

Lukisan Andy Warhol yang bertema Pop, Power and Politics termasuk karya ikonik yang belum pernah ditampilkan di Skotlandia.

Eksebisi ini merupakan hasil kolaborasi antara Parlemen Skotlandia, Carnegie UK Trust dan Museum Andy Warhol di Pittsburgh.

Pameran ini bertepatan dengan sepekan memperingati warisan Andrew Carnegie.

Yayasan Warisan Internasional Andrew Carnegie menggelar festival untuk memperingati ahli filsafat asal Skotlandia dan seabad Carnegie UK Trust.

Eksebisi Warhol menampilkan foto Carnegie, dan juga Lenin, Ketua Mao dan Ratu.

Dalam kaitannya dengan eksebisi itu, dua potret Andy Warhol yang diambil oleh fotografer Skotlandia Harry Benson, akan dipinjamkan kepada Koleksi Seni Parlemen dan akan dipajang di Inggris untuk pertama kalinya.

Angus Hogg, ketua Carnegie UK Trust, mengatakan :"Andy Warhol memiliki tempat yang khusus bagi Carnegie, tak hanya bagi yayasan tetapi juga sejarah panjang untuk mempromosikan akses ke seni dan budaya, tetapi juga karena Warhol menerima pelatihan seninya untuk pertama kalinya di Institut Carnagie di Pittsburgh.

Eksebisi Andy Warhol ini akan digelar pada 5 Oktober sampai 3 November.