Gadis Ayu Garda Depan Kampanye Cinta Bumi

By , Selasa, 8 Oktober 2013 | 12:45 WIB
()

El John Pageants menyelenggarakan pemilihan Miss Earth Indonesia 2013 yang mengusung tema besar "Smart, Charming, Responsible". Menurut Johnnie Sugiarto, Presiden Direktur dan CEO El John Indonesia, pemilihan ini ditujukan arahnya kepada misi promosi pariwisata dan kegiatan-kegiatan advokasi lingkungan.

Dalam acara konferensi pers pembukaan ajang sekaligus mengawali proses karantina Miss Earth Indonesia, Senin (7/10), ia mengungkap, selama dua minggu karantina, sebanyak 29 finalis ikut serta dalam pemilihan tahun ini akan dibekali wawasan cukup.

Mereka ingin, ujarnya, mencari orang yang benar-benar menunjukkan ketertarikan serta kepedulian atas isu lingkungan, lantas didukung kemampuan menyampaikan itu dengan baik pada khalayak. "Bahwa dia sebagai seorang representasi, garda depan, dalam mengajak orang khususnya anak-anak muda untuk memperhatikan lingkungan," imbuh Johnni.

Miss Earth Internasional melakukan penanaman pohon dalam sebuah rangkaian kunjungan ke Indonesia. (Dok. ME Indonesia, REPRO/G Samantha)

"Sebab, banyak sekali hal yang dapat dilakukan mulai dari diri sendiri dan mengajak teman-teman. Kalau di rumah kita ada tanah kosong bisa ditanam pohon, mengapa tidak kita tanam. Kalau bisa hemat memakai plastik, mengapa tidak? Hal-hal sederhana semacam itulah, tetapi kalau semua orang melakukan, dampaknya besar terhadap lingkungan," paparnya.

Targetkan yang muda

Menumbuhkan kepedulian para generasi muda terhadap lingkungan hidup ini dianggap penting. "Merasuki pikiran suatu masyarakat itu baiknya dari generasi mudanya sendiri, selanjutnya akan mudah," kata finalis asal Bangka Belitung, Wulandari Sekar Widyaningtyas.

"Jadi menurutku, saat generasi muda sudah paham tentang berbagai masalah lingkungan, mereka bisa menjaga dan mengurangi dampak kerusakan tersebut," ucap Wulandari yang kelahiran Belitung tahun 1994 ini.

Ia melanjutkan, "Ekonomi Babel maju karena timah. Tapi kita tidak tahu kapan timah habis. Kita harus bisa mengembangkan sektor seperti ekowisata. Yang perlu ditingkatkan adalah kerja sama, bersama seluruh pihak, baik kalangan pemerintah maupun kelompok-kelompok masyarakat."