Ke Konser Musik? Simak dulu Panduannya

By , Sabtu, 12 Oktober 2013 | 17:00 WIB
()

Pagelaran musik di masa modern ini telah dijadikan destinasi wisata. Mendapati keluarga yang sengaja menyisihkan waktu untuk datang ke festival musik kini bukan lagi pemandangan yang aneh.

Lagipula menyaksikan idola Anda beraksi dengan kedua mata tentu jauh lebih nikmat dibandingkan mendengarkan lagunya saja. Tanpa harus mengurangi keasyikan menonton konser, berikut ini beberapa tips menghadiri konser musik yang asyik.

» Kenali jenis konser Sebelum datang dan menikmati suguhan musik, Anda harus mengenali betul jenis musik apa yang akan Anda nikmati nanti di dalam konser. Mendatangi konser rock akan jauh berbeda dengan mendatangi konser musik klasik. Bila Anda hendak menghadiri konser musik klasik, seyogyanya Anda datang dengan berpakaian formal yang rapi dan bersikap santun.

Musik klasik biasanya dipertunjukkan di dalam auditorium, dan Anda pun menikmatinya dari tem-pat duduk yang teratur rapi. Di sisi lain, sebaiknya Anda tidak datang ke konser musik rock dengan berpakaian formal. Ketimbang berpakaian formal, jelas kaus oblong, celana jeans dan sepatu kanvas merupakan paduan yang lebih nyaman dan tepat un-tuk ber-jingkrak dan melebur bersama kerumunan penonton.

» Perhatikan barang bawaan Menikmati konser musik berarti bernyanyi bersama sang idola, mengangguk-anggukan kepala seiring irama musik dan berdansa mengikuti musik yang berdentum. Agar menghindari barang bawaan Anda terselip atau terjatuh, lebih baik Anda mengatur barang bawaan ke konser dengan seefektif mungkin.

Bawa tas yang tidak mudah terbuka, dan terbuat dari bahan yang kuat. Beberapa orang bahkan lebih memilih untuk tidak membawa tas apapun saat menghadiri konser musik rock yang digelar outdoor untuk menghindari risiko kehilangan isi tas saat berdesakan dengan para penonton, karena bukan tidak mungkin ada menyelip kawanan pencopet.

Ilustrasi. (Thinkstock)

» Kuasai jadwal Festival musik besar dan bersala internasional biasanya memiliki lebih dari satu panggung.

Jauh-jauh hari sebelum mendatangi festival tersebut, telitilah dulu jadwalnya—biasanya dicantumkan di situs konser yang bersangkutan. Dengan panggung yang banyak, tentu saja Anda tidak bisa menonton semua performance.

Untuk itu, putuskan dahulu, band mana yang ingin Anda tonton. Di festival sebesar Java Jazz atau Java Rockin’ Land, hanya untuk berpindah tempat dari lokasi panggung satu ke panggung yang lain pun memakan waktu yang tidak sedikit. Jangan sampai Anda berakhir menghabiskan waktu hanya untuk berpindah panggung tanpa bisa menikmati pertunjukkan musik apapun.

» Pastikan Tiket ada di genggamanTanpa tiket di genggaman, menonton konser hanya jadi impian. Belilah tiket yang resmi dan langsung dari pihak penyelenggara. Kalaupun Anda tidak punya waktu untuk mendatangi kantor penyelenggara, sudah banyak website yang menyediakan jasa penjualan tiket, dengan sistem yang lebih mudah.

Dengan maraknya konser dan festival in-ternasional di Indonesia, banyak pula pihak-pihak yang mencoba peruntungan dengan menjual tiket palsu. Konser internasional juga biasanya menggelar berapa putaran penjualan tiket, yang biasa dikenal sebagai pre-sale atau early bird—tentu jauh lebih murah.

Hindari juga calo, karena harga tiket konsernya bisa dipastikan lebih mahal dari harga yang ditetapkan. Banyak pula kuis-kuis yang diselenggarakan oleh media atau pro-duk tertentu, yang digelar melalui media sosial Facebook dan Twitter. Tidak ada salahnya uji keberuntungan, dan dapatkan tiket dengan cuma-cuma.

Beberapa website yang menyediakan jasa penjualan tiket secara online: www.rajakarcis.com, www.jakartaconcerts.com, www.ibudibjo.com, www.sistic.com, www.ticketmaster.com