Lima Hewan yang Sering Pura-pura Mati

By , Senin, 14 Oktober 2013 | 10:45 WIB
()

Menjelang Halloween, jalanan segera dipenuhi oleh mereka yang bangkit dari kubur, tentunya dengan membawa kantung trick-or-treat. Namun dunia hewan penuh dengan para pelaku trik tersebut setiap saat. Berikut ini lima hewan yang sering berpura-pura mati agar tetap hidup.Makam di PerairanKhawatir diserang hiu? Sejumlah pakar menyebutkan, memukul hiu dekat bagian matanya akan membuat hewan ini menyingkir. Namun kekerasan bukan jawabannya. Lemon shark sering tak berdaya saat dibaringkan terlentang. Raja lautan ini bisa terbujur kaku selama sekitar 15 detik dan berpura-pura mati dalam waktu yang cukup lama hingga para ilmuwan bisa melakukan eksperimen pada hewan itu.Berenang dengan IkanOke, mungkin ikan mas Anda benar-benar tidur. Namun, ikan cichlid asal Amerika Tengah hanya berpura-pura mati untuk memancing mangsa yang tidak curiga. Predator air ini memiliki tanda-tanda yang membuatnya seperti bagaikan ikan yang sedang membusuk, dan para pemangsa bangkai tertarik untuk mendekati dan mengira mereka akan mendapatkan santapan lezat. Setelah cichlid kembali sadar, ia akan membunuh dan memakan tim pembersih tersebut.

Babi dan beberapa hewan peternakan lain bisa berpura-pura mati. (Joel Sartore, National Geographic)

Bebek-bebek MatiSaat berhadapan dengan maut, beberapa spesies bebek akan berpura-pura mati. Perilaku ini disebut dengan 'tonic immobility' dan para ilmuwan menduga bahwa ini merupakan mekanisme pertahanan diri. Sayangnya, mekanisme ini kurang canggih. Hewan-hewan yang berpura-pura mati tersebut seringkali tetap disantap predatornya.Pergi ke Padang RumputTonic immobility tidak lazim di kalangan spesies atas, namun hewan-hewan ternak seperti sapi, kambing, dan babi juga sudah lama diketahui bisa tak sadarkan diri selama beberapa menit dalam satu waktu sebelum kembali normal. Sayangnya hal yang serupa tidak berlaku pada hewan peliharaan yang tinggal di kawasan pertanian.

(Lihat video: Menggelikan, si Kambing Pingsan)Gigit yang BesarUlar merupakan aktor yang baik. Ular baby brown atau yang dikenal dengan Storeria dekayi, akan membatu jika didekati oleh pemangsa, atau peneliti yang berusaha melihat dari dekat. Hewan ini akan tetap berlaku seperti itu, tetap diam bagaikan tak bernyawa, bahkan setelah disodok.Ayo ceritakan, hewan apa lagi yang pernah Anda lihat berpura-pura mati?