Lima Hewan Menakjubkan Saat Berkelompok (II)

By , Jumat, 18 Oktober 2013 | 10:08 WIB
()

Tidak semua kerumunan hewan berbahaya. Mereka berkumpul untuk alasan yang berbeda. Migrasi, mencari makan, atau mempertahankan diri. Setelah disebutkan dua kerumunan fauna yang luar biasa saat berkelompok, berikut tiga jenis fauna lainnya. 

Belalang gurunTerkenal sejak lama sebagai wabah, serangga ini masih mampu menghadirkan kehancuran bagi tanaman.

Belalang gurun umumnya merupakan serangga pemalu dan penyendiri yang tinggal di kawasan kering mulai dari Afrika Utara sampai India. Tetapi saat kondisi memaksa mereka untuk saling berdekatan, mereka membuat transformasi yang sangat menakjubkan.

Dalam fase yang disebut sebagai gragarious phase, belalang berubah dari coklat dan hijau menjadi hitam dan kuning. Mereka menjadi agresif, mencari belalang lain dan berkumpul ke dalam kerumunan yang sangat rakus.

Kerumunan belalang bisa terdiri dari miliaran ekor hewan yang dalam satu hari mengonsumsi makanan hingga seberat bobot tubuhnya sendiri. Kerumunan besar bisa mencapai ukuran belasan mil dan menyantap isi seluruh ladang tanaman dalam hitungan menit.

Salah satu kerumuman belalang terparah terjadi di tahun 2004, ketika itu serangga menyapu seluruh kawasan utara Afrika, mulai dari Mauritania sampai ke Mesir dan pada akhirnya mencapai timur jauh seperti Israel dan ke utara sampai ke Portugal.Kupu-kupu monarchSetiap musim gugur, puluhan juta kupu-kupu monarch Amerika Utara menjelajah hingga 3.000 mil untuk menghindari dinginnya musim salju.

Monarch yang berasal dari timur pegunungan Rocky, terbang menuju Meksiko Tengah, sementara mereka yang berada di barat pegunungan Rocky bergerak menuju pesisir California. Hewan cantik oranye hitam ini bermigrasi lebih jauh dibandingkan dengan kupu-kupu lainnya, dan mereka merupakan satu-satunya kupu-kupu yang melakukan migrasi reguler utara-selatan seperti burung.

Di kawasan hibernasi musim dingin mereka, kelompok-kelompok monarch berkumpul bersama untuk menjaga diri mereka tetap hangat. Puluhan ribu kupu-kupu bisa berkumpul dalam satu buah pohon.

Saat mereka kembali ke utara di musim semi, monarch kemudian kawin, bertelur, lalu mati. Generasi peneris mereka akan melanjutkan perjalanan mereka ke utara, membutuhkan tiga sampai empat generasi untuk mencapai utara Amerika Serikat dan Kanada.

Kerumunan burung jalak. (Wolstenholme Images, Reuters/Corbis/National Geographic)

Desingan burung jalakVideo-video kawanan burung jalak yang sedang terbang telah tersebar ke mana-mana. Mereka merupakan contoh yang menakjubkan dari perilaku kolektif yang dikenal dengan sebutan starling murmuration.

Pemandangan langit ini bisa dilihat pada senja hari saat burung jalak terbang bersama-sama dan tampak bergerak sebagai satu kesatuan. Kawanan ini bisa terdiri dari beberapa ribu sampai puluhan ribu ekor burung.

Yang membuat mereka menarik adalah kuatnya hubungan kuat dan sinkronnya pergerakan para burung. Baru-baru ini ilmuwan menentukan bahwa burung jalak yang terbang berkelompok mengkoordinasikan pergerakan mereka dengan tujuh ekor burung jalak yang berada di dekatnya.

Saat seekor burung mengubah kecepatan atau arah, seluruh burung lain di sekelilingnya merespons serupa dan mereka melakukannya hampir secara simultan. Dengan cara ini, informasi bisa disebar ke seluruh kawanan dengan cepat.

Gerakan indah ini seringkali merupakan respons dari adanya predator yang mendekat seperti elang, namun tampaknya juga terjadi secara spontan. Mungkin para burung jalak itu melihat perilaku mereka sama cantiknya seperti yang kita lihat.