Inspirasi Eksplorasi dari Sebuah Foto

By , Kamis, 17 Oktober 2013 | 18:54 WIB
()

Pernahkah Anda berhasrat menjelajah ke suatu tempat hanya dari melihat imajinya? Foto, dan fotografer sebagai pelakunya, berperan besar dalam eksplorasi manusia di belahan bumi.

Maka, bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke 125 tahun National Geographic Society (NGS). Canon bersama National Geographic Channel mengadakan kompetisi "Explore to Inspire" di Asia.

Kompetisi ini akan menjaring fotografer-fotografer muda terbaik dari Indonesia, Bangladesh, Brunei, Kamboja, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapuran, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam untuk mengumpulkan karya foto terbaik mereka. Informasi mengenai program ini bisa dibuka di situs www.exploretoinspire.com

Sambil menahan pegangan Dwi Warna, seorang pendaki memandang jauh ke depan. Latar depan Danau Segara Anak, sementara Gunung Agung terlihat tinggi menjulang di latar belakang. (Yunaidi Joepoet)

Pemenang akan ditentukan oleh juri ahli dari National Geographic Channel dan Canon, dengan tiga pemenang utama mendapatkan kamera merek bergengsi ini. Selain itu, ketiganya berkesempatan menghadiri workshop bergengsi National Geographic di San Fransisco, AS.

"Kontes ini adalah wadah yang bagsu untuk semua fotograger pemula memamerkan karya merea," kata Hideaki Nishimura, Senior Director dan General Manager Regional ICP Penjualan dan Pemasaran Divisi Canon Singapore Ltd.

Jauh sebelum teknologi fotografi diperkenalkan, di Indonesia yang merupakan negara maritim, nenek moyang kita sudah masyhur sebagai penjelajah bahari. Orang-orang Bugis terkenal sebagai pelaut ulung, kemampuan navigasi mereka tak perlu diragukan lagi. Penjelajahan memang sudah menjadi darah daging dalam hidup kita.