Australia Dilanda Kebakaran Terbesar dalam Sejarah Negeri Itu

By , Rabu, 23 Oktober 2013 | 15:30 WIB

Lebih dari 3.000 petugas pemadam kebakaran di Australia kembali berjuang memerangi kebakaran hutan yang mengamuk di New South Wales karena kondisi cuaca memburuk.

"Ini akan menjadi sangat buruk," kata kepala pemadam kebakaran setempat Shane Fitzsimmons. Ia menambahkan, ada "potensi nyata untuk kehilangan lebih banyak rumah dan nyawa."

Suhu tinggi, kelembapan rendah, dan angin kencang hingga 100 km/jam diperkirakan terjadi pada Rabu (23/10) ini. Secara keseluruhan, terdapat 59 kebakaran di seluruh negara bagian negara itu.

Ratusan petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke Blue Mountains untuk bekerja bersama 1.000 orang rekannya yang terlebih dahulu sudah ada di sana. Ini adalah salah satu pengerahan pemadam kebakaran terbesar yang pernah dilakukan dalam sejarah negara itu.

Sementara itu, warga telah didesak untuk meninggalkan daerah itu. Ratusan penghuni panti jompo dievakuasi pada Selasa (22/10) malam dan seluruh sekolah juga telah ditutup. "Kita bersama-sama akan melewati hari ini. Jika Anda belum mempersiapkan diri, bagi mereka di Blue Mountains, sekarang waktunya untuk pergi," kata Barry O'Farrell petinggi negara bagian New South Wales pada Rabu pagi.

Api berkobar di wilayah Blue Mountains dekat Sydney sejak Kamis lalu dan Australia telah menyatakan darurat kebakaran akhir pekan lalu. "Sebelumnya kami tidak pernah menghadapi kebakaran seperti ini--begitu besar, begitu intensif, dan begitu cepat. Kita berbicara tentang api yang di beberapa titik tingginya mencapai bangunan lima lantai," kata walikota Blue Mountains, Mark Greenhill, sebagaimana dilansir BBC.