Buku Harian Bantu Atasi Anak Obesitas

By , Jumat, 25 Oktober 2013 | 13:36 WIB

Anak-anak yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas didorong untuk membuat buku harian yang berisi catatan makanan dan aktivitas mereka, demikian dianjurkan oleh garis pedoman kesehatan publik Inggris.

National Institute for Health and Care Excellence (NICE) mengatakan banyak hal yang harus dilakukan untuk mengatasi obesitas pada anak. Termasuk membuat orang tua dan anak-anak untuk mencatat. "Misalnya, mendukung mereka untuk mencatat seberapa banyak waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi atau bermain komputer, dan apa yang mereka makan sebagai cemilan dan kapan," demikian pernyataan dari NICE.

"Hal ini dapat membantu mereka untuk melihat area mana yang perlu diperbaiki." Pedoman ini juga mengungkapkan pentingnya untuk membuat orang tua menyadari apakah anak mereka kelebihan berat badan atau tidak.

Sebuah jajak pendapat nasional yang melibatkan 1.000 orang tua dengan anak berusia empat hingga tujuh tahun menunjukan bahwa hanya 14 persen orang tua yang menyadari bahwa anaknya mengalami obesitas. Kesadaran ini dibantu oleh pihak sekolah seperti misalnya di Inggris yang telah melakukan pengawasan kepada siswa dengan mencatat berat dan tinggi mereka.

Mike Kelly, Direktur Pusat Kesehatan Masyarakat di NICE, mengatakan, "Kelebihan berat badan atau obesitas memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas kehidupan anak. Hal itu dapat mempengaruhi harga diri mereka, dan anak dengan obesitas lebih mungkin diolok-olok atau dicap negatif."