Berlibur Bersama Komunitas

By , Minggu, 27 Oktober 2013 | 14:00 WIB

Banyak sekali kesempatan menikmati paket liburan ramah di kantong, hanya melalui berbagai komunitas yang aktif media sosial. Bagaimana cara memilih paket liburan yang tepat? Jangan sampai salah memilih paket liburan, terlebih jika Anda mengajak si kecil dan anggota keluarga lain. Apa saja yang harus dipersiapkan dan poin apa saja yang menjadi perhatian?

Pastikan kredibilitas penyelenggara » Bila Anda berselancar di dunia Twitter, banyak sekali akun-akun yang menawarkan paket liburan dengan harga menarik.Sebelum tergiur lebih jauh, ada baiknya kita memastikan kredibilitas si pemilik akun.Cara paling sederhana untuk memastikannya adalah mengecek, apakah akun tersebut terhubung pada sebuah situs yang aktif. Jangan sampai menaruhkan harapan liburan yang sudah dirancang jauh-jauh hari pada penyelenggara yang tidak jelas

Pastikan detail perjalanan » Banyak dari komunitas penyelenggara perjalanan menyebarkan informasi program mereka melalui media sosial.Salah satu yang paling mudah dan cepat adalah Twitter. Contoh: “@Backpackmurah: Trip Bangka Belitung – 20/9/11 – 4H5M – Rp 700.000 All in Daftar email ke Bmurah@gmail.com.” Ada baiknya Anda menjabarkan kembali twit tersebut. Maksudnya adalah: Perjalanan selama empat hari lima malam, pada 20 September 2011, tujuan Bangka Belitung, dengan biaya total Rp 700.000. Pejalan yang bijak tahu betul bahwa informasi itu tidak lengkap.Maksud all in, apakah transportasinya juga sudah ditanggung?Bagaimana dengan konsumsi? Apa akomodasinya? Dalam situasi seperti ini, fungsi media sosial hanya menjadi perpanjangan tangan dari sumber informasi yang sebenarnya.Bila Anda memang tertarik untuk mengikuti perjalanan tersebut, segera lengkapi segala informasi yang memang dibutuhkan.Bila komunitas tersebut memang serius, mereka pasti menanggapi segala pertanyaan Anda.

Pelajari segmentasi komunitas » Komunitas bisa bergerak pada segmen tertentu. Segmen tersebutlah yang menentukan liburan macam apa yang menjadi program mereka. Misal, komunitas @picnicholic. Dari namanya saja sudah jelas bahwa program yang ditawarkan oleh mereka ada dalam segmen piknik dan traveling yang tergolong “ringan.” Berbeda dengan @bulanmadudotcom yang khusus memberikan penawaran bagi pasangan baru yang hendak berbulan madu. Jangan sampai salah alamat, ingin liburan santai malah ikut program petualangan yang berat dan melelahkan

Jangan mudah puas » Selengkap apapun komunitas penyedia program perjalanan, mereka bukan ibu Anda yang menyediakan segala sesuatu.Keuntungan mengikuti program-program ini sudah tentu bisa memudahkan beberapa hal esensial seperti transportasi, akomodasi, dan konsumsi, namun pada akhirnya Andalah yang menentukan nilai perjalanan.Sebelum berangkat, kumpulkan informasi penting; pertolongan pertama, kontak penting di sekitar destinasi, dan sebagainya.

Siapkan perlengkapan pribadi » Bila Anda memiliki gangguan internal dan memerlukan obat-obatan pribadi yang tidak umum ditemukan, maka sudah seharusnya Anda menyediakan sendiri obat-obatan tersebut. Jangan sampai menyusahkan rombongan dan peserta lainnya. Musibah yang menimpa satu orang saja akan memengaruhi kondisi satu rombongan.

Jangan takut berbaur » Jangan sampai membatasi diri sendiri hanya karena takut bergaul dengan orang-orang yang baru Anda temui di dalam perjalanan dengan komunitas.Ingat, memperluas pertemanan itu penting. Siapkan kartu nama, dan jangan lupa untuk memperkenalkan diri saat bertemu orang baru. Bepergian dengan orang asing yang tidak bersahabat, hanya akan membuat perjalanan Anda menjadi tidak berkesan. Tambah teman Anda di setiap perjalanan.