Ditemukan, Makam Dokter Rumah Tangga Kerajaan Mesir Kuno

By , Senin, 28 Oktober 2013 | 15:58 WIB

Sebuah tim arkeolog dari Ceska yang menggali di Abusir--27 kilometer selatan Kairo--telah menemukan makam kapur besar seorang dokter kerajaan dari sekitar 2400 SM. Dokter tersebut bernama Shepseskaf-Ankh, yang berarti "Shepseskaf itu hidup"--sebuah penghormatan kepada raja terakhir dari dinasti keempat selama periode yang dikenal sebagai Old Kingdom.

Sebagai Kepala Dokter di hulu dan hilir Mesir, Shepseskaf-Ankh melayani rumah tangga kerajaan selama dinasti kelima. Ia terkait dengan Raja Niuserre, yang memerintah Mesir setidaknya selama satu dekade.

Miroslav Bárta, direktur tim arkeologi dari Institute of Egyptology di Ceska, merasa puas dengan rincian sejarah yang terkandung dalam makam dengan kondisi arsitektur yang terjaga ini. "Mikrokosmos ini menggambarkan kecenderungan umum yang memerintah masyarakat pada hari itu," katanya.

Niuserre "mematuhi kebijakan menikahkan beberapa putrinya dengan para pejabat untuk menjaga ambisi mereka," ujar Bárta. "Ini persis saat kerajaan mulai hancur akibat meningkatnya biaya pengeluaran serta bertambahnya keluarga mandiri yang mempunyai kuasa."

Pada saat itu juga, raja-raja Mesir telah kehabisan ruang di kompleks permakaman kerajaan di dataran tinggi Giza, situs piramida besar dari dinasti keempat. Sehingga mereka membangun piramida yang lebih kecil dan kasar jauh di selatan.

Makam Shepseskaf-Ankh adalah makam dokter ketiga yang ditemukan di area ini. Para pejabat pengadilan dan para pendeta yang setia juga dikuburkan di sana, dekat dengan penguasa yang pernah mereka layani.

Shepseskaf-Ankh berasal dari keluarga elite Mesir. Dalam salah satu bagian dari makam--fitur yang mengelilingi disebut "false door" (pintu palsu)--ia teridentifikasi oleh gelarnya yang menunjukkan status tinggi, seperti Pendeta dari Re di Kuil Matahari, Pendeta Khnum, dan Pendeta Sihir.

Dimensi luas makamnya--kira-kira berukuran 14 x 21 x 4meter--adalah salah satu indikasi lain bahwa ia merupakan orang penting. Kompleks permakamannya memiliki lapangan terbuka serta terdapat delapan ruang kuburan bagi Shepseskaf-Ankh dan keluarganya. Tampaknya menjadi seorang dokter kerajaan bisa memastikan keberhasilan keluarga bukan hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

Abusir adalah bagian dari permakaman kerajaan besar yang membentang antara Giza dengan Saqqara di barat padang pasir Sungai Nil. Meskipun penjarahan telah meningkat pada masa revolusi 2011, penemuan ini menunjukkan beberapa daerah tetap tidak terganggu oleh gejolak politik baru-baru ini. Rencana tim arkeolog Ceska berikutnya akan menggali struktur bawah makam, untuk mencari rahasia tambahan yang dapat mereka ungkap.