Ditemukan, Patung Elang Romawi dalam Kondisi Sangat Terpelihara

By , Rabu, 30 Oktober 2013 | 15:42 WIB

Para arkeolog dari Museum of London telah menemukan patung elang Romawi, yang dianggap oleh para pakar sebagai patung masa Romawi-Inggris "paling luar biasa" yang pernah ditemukan. Patung tersebut digali dalam keadaan sangat terjaga, di sebuah situs di Kota London.

Hal menarik dari penemuan patung ini adalah, para arkeologi menemukannya di saat-saat terakhir proses penggalian, di tengah-tengah lahan yang dipersiapkan sebagai lokasi pembangunan hotel berlantai 16 di Kota London.

Para arkeolog juga menemukan fondasi dari sebuah mausoleum (monumen makam) di situs yang berada di timur London tersebut. Mereka meyakini bahwa patung elang, yang dibuat dari batu gamping oolitik dari desa Cotswolds pada abad pertama atau kedua masehi, dulunya menghiasi mauoleum tersebut.

Patung elang tersebut disebut-sebut berada dalam kondisi sangat baik, detail seperti paruh yang sedang menggigit ular, atau ukiran bulunggas yang masih terpelihara membuat para arkeolog tidak percaya bahwa patung ini sudah berusia 1900 tahun. Mereka juga awalnya ragu untuk mengumumkan temuan ini sebelum dilihat oleh para ahli lain.

Patung elang yang sedang menggigit ular diduga sebagai perlambang yang mewakili perjuangan kebaikan (elang) dalam melawan kejahatan (ular).