Kasus Kanker Payudara Naik di Eropa

By , Senin, 4 November 2013 | 11:28 WIB

Kasus kanker payudara pada perempuan di bawah 40 tahun di Eropa meningkat, ungkap sebuah penelitian. Para ahli mengatakan tak jelas apakah kondisi ini menunjukkan bertambahnya kasus akibat meningkatnya diagnosis, atau karena munculnya faktor risiko baru.

Sebuah studi yang ditulis dalam Cancer Epidemiology menunjukkan ditemukan peningkatan sekitar 1% kasus per tahun antara 1990 hingga 2008 di tujuh negara.

Kanker payudara merupakan kasus yang banyak terjadi pada perempuan secara global, dan menjadi penyebab kematian terbanyak dalam kasus kanker. Kanker pada perempuan muda jarang terjadi, hanya merupakan 5% dari seluruh jumlah kasus kanker payudara pada perempuan di bawah 40 tahun. Meski begitu, penyakit tersebut merupakan penyebab kematian terbanyak pada perempuan usia muda.

(Baca juga: Kanker payudara bisa dideteksi lewat 10 protein)

Penelitian di Prancis dan Italia telah mempelajari tren kasus kanker payudara pada perempuan berusia di bawah 40 tahun di Belgia, Bulgaria, Prancis, Italia, Portugal, Spanyol dan Swiss selama periode 18 tahun. Para peneliti menemukan bahwa kenaikan rata-rata kasus sekitar 1% per tahun pada perempuan berusia sebelum 40 tahun, dengan peningkatan terbanyak pada perempuan berusia di bawah 35 tahun.

Tak jelas apakah kondisi ini mencerminkan kenaikan faktor risiko atau peningkatan metode diagnosis, kata peneliti.