eBay Cabut Jual-Beli Memorabilia Korban Nazi

By , Senin, 4 November 2013 | 16:25 WIB

Situs jual-beli online eBay meminta maaf dan menghapus sekitar 30 barang memorabilia korban pembersihan etnis oleh Nazi dari daftar penjualan mereka, menyusul adanya penyelidikan oleh sebuah koran Inggris.

Koran The Mail pada Minggu (3/11) menyatakan telah menemukan "puluhan" barang yang berhubungan dengan holocaust di situs itu pekan lalu.

Di antara barang-barang itu, ada seragam yang dikatakan milik seorang tukang roti Polandia yang meninggal di Auschwitz, dan dijual seharga sebesar US$18.000 (sekitar Rp180 juta), tulis koran itu. eBay kemudian meminta maaf dan mengatakan telah menyumbang sebesar US$40.000 untuk keperluan amal.

The Mail menyebutkan, barang-barang lainnya yang ditemukan termasuk sepatu dan sikat gigi yang dikatakan milik korban kamp konsentrasi dan sebuah tanda Bintang Daud di lengan yang digunakan untuk menandai kaum Yahudi.

Koran tersebut mengatakan telah memperingatkan eBay untuk menghapus 30 barang itu dari penjualan mereka. Sementara eBay mengatakan: "Kami sangat menyesal barang ini terdaftar di eBay dan kami menghapusnya.

"Kami tidak mengizinkan penjualan barang jenis ini, kami memiliki ribuan staf untuk mengawasi situs kami dengan menggunakan teknologi terbaru untuk mendeteksi barang-barang yang tidak boleh dijual.

"Kami sangat menyesal bahwa kami tidak memenuhi standar kami sendiri. Kami telah menyumbangkan untuk amal sebagai cerminan keprihatinan kami."

Enam juta orang Yahudi dibunuh oleh Nazi dan sekutunya selama Perang Dunia II. Nazi juga membunuh dan memenjarakan jutaan orang lainnya, termasuk kaum nomaden Gipsi, kaum homoseksual, dan orang cacat.

Sebelumnya, sebuah daftar nama ratusan orang Yahudi yang diselamatkan pengusaha Oscar Schindler atau dikenal dengan Schindler's List juga pernah ditawarkan kepada kolektor melalui situs eBay.