Ingin Liburan Lebih Bermakna? Lakukan Sambil Menjadi Sukarelawan

By , Selasa, 5 November 2013 | 09:00 WIB

Berlibur sebagai relawan semakin menarik minat pejalan yang ingin mencari pengalaman dan pengetahuan baru, bersosialisasi, serta berbuat kebaikan bagi sesama umat dunia. Menurut hasil angket yang dirilis Travelocity, sekitar dua tahun lalu, 38 persen responden mengatakan, mereka menikmati menjadi sukarelawan sambil berlibur. "Peserta mengakui, ini adalah pengalaman paling berharga dalam hidup mereka," kata David Minich dari Habitatfor Humanity.

Berikut adalah kiat merencanakannya.

• PENGALAMANSesuaikan minat Anda dengan program relawan yang ingin diikuti; bekerja untuk sesama, satwa atau lingkungan. Sebagian besar program tak mengharuskan Anda memiliki keahlian khusus, semisal membangun kompor tanah liat pada desa di Amazon. "Kita memang tidak menyelesaikan seluruh permasalahan di dunia," ujar Kimberley Hayley-Coleman dari Globe Aware, "Tetapi sudah pasti para relawan ini menciptakan perubahan."

• PROPORSIJujurlah pada diri sendiri dan pastikan perjalanan yang dipilih dapat memberikan keseimbangan antara berlibur dan menjadi relawan. Para relawan United Planet di Cusco, Peru, bekerja di klinik, panti asuhan, atau bergabung dalam program di luar jam sekolah bagi anak-anak jalanan, tetapi tetap dapat mengunjungi Machu Picchu. Sama halnya program Travel for Good dari Travelocity.

• PENILAIAN DIRITidak semua pilihan program, lokasi, atau tempat tinggal sesuai bagi Anda.Perjalanan bersama Earthwatch menelusuri jejak ikan lumba-lumba di Kepulauan Bahama tentu berbeda dengan kegiatan membangun fondasi di daerah pedesaan Meksiko bersama Habitat."Tanyakan pada diri Anda, apa yang ingin didapatkan dari pengalaman ini," jelas Theresa Higgs dari United Planet. "Bersikaplah realistis."

• CEK LATAR BELAKANGTeliti apakah biaya perjalanan yang ditawarkan sudah mencakup konsumsi, penginapan, transportasi darat dan perjalanan wisata dalam program. Sangatlah penting mengetahui apa saja yang termasuk dan tidak dalam biaya. Terakhir, angkat telepon dan hubungi program perjalanan yang diinginkan. Bertanyalah pada pihak penyelenggara maupun peserta sebelumnya.