Sentani Dicanangkan Menjadi Objek Wisata

By , Jumat, 8 November 2013 | 20:00 WIB

Danau Sentani yang berada di Kabupaten Jayapura, Papua, akan dijadikan salah satu tempat wisata atau lokasi kunjungan akhir setelah melakukan tur wisata. Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, mengatakan, setelah menjadikan Cycloop sebagai paru-paru Jayapura, maka Danau Sentani juga akan dijadikan salah satu destinasi wisata.

"Salah satu program wisata andalan kami adalah Festival Danau Sentani yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing dan domestik," ujarnya, seperti dikutip Antara News pada Kamis (7/11).

Mathius menambahkan Danau Sentani memiliki banyak potensi alam seperti air, sagu, keindahan alamnya serta ikan. Sehingga hal ini harus diolah semaksimal mungkin untuk memperoleh manfaat bagi semua pihak. Danau ini juga merupakan titik awal yang fantastis untuk memahami wajah budaya Papua.

Danau Sentani terletak di antara Pegunungan Cycloop.  Danau berpemandangan indah dan air berkilau tersebut merupakan sebuah danau vulkanik. Dan sumber airnya berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai, Jaifuri Puay.

Sentani mengitari sekitar 24 desa dengan rumah-rumah panggung bertengger di atas danau. Penduduk setempatnya amat ramah dan kreatif. Mereka mahir membuat kerajinan tangan. Desa di sekitar Danau Sentani mempunyai adat yang berbeda, tetapi berasal dari beberapa budaya yang sama sebagaimana terlihat dari kepercayaan dan ritual mereka. Isolo, misalnya, adalah sebuah upacara yang menyatukan perbedaan budaya dari 24 desa di sekitar danau. Upacara ini juga dapat dilihat sebagai bagian dari Festival Danau Sentani yang dihelat selama bulan Juni lalu.

Danau Sentani dan sekitarnya dahulu merupakan tempat pelatihan untuk pendaratan pesawat amfibi. Landasan ini dibangun oleh Jepang yang kemudian diambil alih oleh Angkatan Darat AS pada tahun 1944. Legenda perang Amerika, Jenderal McArthur dikatakan pernah tinggal di danau dan di 22 pulau di dalamnya.

Di wilayah barat, Doyo lama dan Boroway, kedalaman danau sangat curam sedangkan sebelah timur dan tengah, landai dan dangkal, Puay dan Simporo. Di sini juga terdapat hutan rawa, di daerah Simporo dan Yoka.

Danau Sentani dapat dicapai dengan berkendara selama sekitar 30 menit ke arah barat dari kota Jayapura. Bandara Sentani, terletak sekitar 40 kilometer dari Jayapura. Sebagai ibu kota provinsi yang luas, Jayapura juga terhubung dengan kota-kota besar di Indonesia baik melalui udara dan laut. Anda dianjurkan untuk selalu memeriksa detail penerbangan Anda.