Puncak Geurete, Tempat Terbaik Melihat Mentari Terbenam

By , Sabtu, 9 November 2013 | 02:25 WIB

Menyusuri sisi barat Aceh Anda akan dihibur oleh panorama pantai yang indah. Saat ini jalanan juga mulus. Di beberapa tempat memang mulai berlubang. Namun, di beberapa titik kita bisa berhenti dan menikmati indahnya laut dari tempat yang tinggi.

Salah satunya Puncak Geurete. Konon katanya di sini merupakan tempat terbagus melihat matahari terbenam.

Objek wisata ini terletak di Kabupaten Aceh Jaya, sekitar 66 kilometer dari Kota Banda Aceh. Tak sampai dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan akan melewati beberapa desa sebelum sampai di lokasi. Kita akan melewati dua gunung dengan jalan nan berbelok.

Di pinggir jalan terlihat banyak kera. Sepintas mengingatkan pada kawasan Pusuk di Lombok atau kawasan Bedugul, Bali. Perjalanan akan mengasyikkan jika Anda mengendarai kendaraan motor roda dua atau malah bersepeda.

Setibanya di Geurete, mata tak akan berkedip melihat keindahan alam dari puncak Bukit Geurete. Lautan luas terhampar membiru di bawahnya.

Pulau-pulau kecil yang terserak seakan menambah pesona indahnya keindahan alam ini. Kita bisa menikmati pemandangan ini dengan duduk bersantai di tempat persinggahan sambil memesan makanan khas Aceh ataupun minuman yang disediakan.

Ada banyak warung atau tempat nongkrong di sepanjang jalan di wilayah ini. Ada yang tepat di atas laut, ada yang bersender di punggungan bukit.

Sembari menunggu matahari tenggelam, kita bisa istirahat ditemani semilir angin. Bernyanyi bersama teman atau sekadar ngobrol akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.