Status Finansial Meningkat, Naik Pula Kepercayaan Diri Wanita

By , Selasa, 12 November 2013 | 14:27 WIB

Studi Tupperware Brand bersama Global Fairness Initiative atas perempuan Indonesia yang bekerja dengan mereka, menyatakan, bahwa dengan meningkatnya pendapatan finansial dapat membantu rasa percaya diri lebih baik.

Studi melalui metode pengumpulan data survei ini dilakukan terhadap para ibu yang bekerja dengan Tupperware selama setidaknya tiga tahun, sebanyak 800 orang. Cakupan survei melingkupi wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Pontianak, dan Medan. Temuan survei secara lengkap dipaparkan oleh Rick Goings, selaku Chairman dan CEO Tupperware Brand, beberapa waktu yang lalu.

Berdasarkan hasil survei tersebut, sebanyak 99 persen responden di Indonesia menyatakan kehidupan mereka membaik setelah bekerja dengan Tupperware selama sedikitnya tiga tahun. Ini dikaitkan dengan meningkatnya status finansial, rasa percaya diri sebagai profesional dan ibu rumah tangga, juga penghargaan baik di rumah maupun di tengah masyarakat.

Ada beberapa dampak positif bagi para perempuan bekerja Indonesia, yaitu: dampak finansial, dampak profesional, dampak personal, dan dampak sosial.

1. Dampak finansial. Para perempuan yang bekerja dapat menambah penghasilan keluarga dan membantu suami secara finansial, hampir setengah (47 persen) dari responden menyebutkan hal tersebut. Hampir seluruh perempuan yang bekerja ini (97 persen) merasakan perubahan positif dalam kondisi keuangan.

2. Dampak profesional. Sekitar 48 persen dari responden menyebutkan bahwa dengan bekerja mendorong mereka semakin bertekad untuk mencapai tujuan serta mampu memecahkan masalah dengan lebih baik.

3. Dampak pribadi. Perubahan terjadi dalam dinamika keluarga mereka. Hampir setengah dari responden merasakan bahwa mereka lebih dikagumi dan dihargai di rumah (45 persen) serta menjadi panutan bagi anak-anak mereka (49 persen).

4. Dampak sosial. Perubahan dari ibu rumah tangga dengan sejumlah kegiatan di luar rumah menjadi wanita karier dengan aktivitas, tujuan, dan rencana aksi untuk mencapainya. Sebanyak 57 persen responden mengatakan mereka mendapat peluang untuk mengubah kehidupan sesama agar menjadi lebih baik.

“Hebatnya perempuan Indonesia adalah mereka sukses bukan hanya untuk diri sendiri. Ketika mereka sudah sukses, maka perempuan Indonesia pun akan mengajak orang di sekitarnya untuk sukses juga mengikuti jejak dirinya,” tutup Goings.