Virus MERS Ditemukan pada Unta

By , Selasa, 12 November 2013 | 17:27 WIB

Seekor unta ditemukan positif mengidap virus semacam SARS, yang merebak di Timur Tengah tahun lalu dan menewaskan 64 orang di seluruh dunia.Hewan itu dimiliki oleh seorang warga yang juga didiagnosis dengan virus korona MERS (sindrom pernapasan Timur Tengah), seperti disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Hingga saat ini belum diketahui apakah unta berkontribusi terhadap penularan penyakit ini kepada manusia. Virus korona mengakibatkan infeksi pernapasan pada manusia dan hewan. Virus ini kemungkinan tersebar melalui cairan ketika orang yang tertular bersin.

Para pakar kesehatan mengatakan virus ini tidak terlalu menular, karena kasusnya tidak terlalu banyak. Secara global, sejak September 2012, ada 153 kasus penularan MERS.

Kementerian Kesehatan Arab mengatakan mereka bekerja sama dengan kementerian pertanian untuk "mengisolasi virus dan membandingkan struktur genetikanya dengan pasien."

Jika virus yang dibawa unta dan oleh pasien pemiliknya "terbukti sama, ini akan menjadi penemuan sains pertama di dunia, dan pintu untuk mengidentifikasi sumber virus," demikian isi pernyataan tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang memantau situasi global mengatakan tidak ada alasan untuk menerapkan larangan bepergian terkait virus ini.