Siapkan Comfort Kit agar Perjalanan Makin Nyaman

By , Jumat, 15 November 2013 | 10:20 WIB

Kepala pusing karena bersandar pada jok yang keras, atau tubuh menggigil akibat embusan pendingin udara selagi berada dalam pesawat, bus, atau kereta, kini tidak perlu dicemaskan. Moda transportasi massa kelas ekonomi memang tidak dilengkapi perangkat yang membuat penumpang merasa nyaman. Karena itu, pejalan perlu berbekal paket peranti pribadi.

Semangatnya justru berangkat dari sini. Memilih wahana transportasi murah—termasuk low cost carrier pada pesawat terbang—menghadirkan ide mutakhir; Anda dapat berkreasi sendiri bagaimana membuat "paket pribadi" untuk mendatangkan kenyamanan secara maksimal. Sebut saja sebagai comfort kit, yang merujuk kepada selera masing-masing.

Contohnya, bila wahana yang dipilih hanya menyediakan sarana entertainment dengan tambahan biaya dan Anda kurang berkenan menambah budget, bawa saja peranti pemutar lagu mobile kesayangan, dilengkapi earphones mumpuni atau buku bacaan pilihan.

Atau Anda pemerhati kaki—seperti halnya penulis yang secara pribadi gemar menjelajah kota dengan jalan kaki dan sesekali melakukan trekking? Bila maskapai penerbangan tidak menyediakan kaos kaki panjang penghangat, solusinya adalah membawa kaos kaki khusus milik pribadi, bahkan dapat ditambah peranti penyangga tumit dan lutut yang juga berguna saat berjalan kaki jarak jauh. Intinya, ketiadaan peranti bukan berarti membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Beberapa maskapai penerbangan menyajikan paket comfort kit ini sebagai fasilitas yang dijual terpisah. Tidak saja membuat penumpang lebih nyaman, namun bahkan dapat dikoleksi, dijadikan cenderamata, serba guna untuk kesempatan perjalanan selanjutnya.

Satu paket biasanya terdiri atas bantal tiup, selimut, dan penutup mata. Paket lainnya adalah peralatan mandi seperti sikat gigi, handuk kecil, sisir dilengkapi sabun, pasta gigi dan penyegar atau parfum di bawah 100 ml. Tidak sedikit dari barang-barang ini dilansir terpisah, sehingga peminat dapat memilih yang sesuai kebutuhan.

Berkunjung ke berbagai toko penyedia kebutuhan perjalanan, akan mendatangkan inspirasi membuat paket pribadi untuk menambah kenyamanan selagi bepergian. Salah satu benda yang tersedia di gerai-gerai National Geographic Store adalah buff, pengikat kepala multifungsi.

Dapat digunakan sebagai penutup kepala selagi hawa dingin, bando atau pengikat rambut, masker hidung, bahkan penutup mata untuk memudahkan tidur (chicken blind). Melihat berbagai kegunaan ini, tak heran hampir seluruh awak Redaksi National Geographic Traveler dan National Geographic Indonesia memilikinya untuk menambah sarana kenyamanan selagi di perjalanan, sekaligus tentu saja menambah gaya.

Silakan menyusun paket kenyamanan pribadi Anda, sehingga segala kondisi wahana transportasi massa dapat dihadapi tanpa kendala berarti. Makin nyaman fisik dan perasaan, makin segar pula sampai di tujuan.

Tips tambahan

• Sediakan wadah khusus untuk menampung comfort kit yang sewaktu-waktu mudah diambil dari kompartemen penyimpan di atas kepala, sehingga tidak mengganggu lajur-lajur gang dalam pesawat. Pramugari maskapai penerbangan luar negeri biasanya akan menegur secara tegas bila Anda terlalu lama memuat atau mengeluarkan barang dari kabin saat penumpang masuk.

• Siapkan uang secukupnya, lebih baik sesuai kurs menurut destinasi, bila ingin berbelanja comfort kit dalam pesawat. Pikirkan pula cara membawanya saat mendarat, agar tidak berceceran.

• Belanja barang-barang perlengkapan perjalanan termasuk buff di berbagai gerai National Geographic Store yang tersebar di berbagai kota besar di dunia, seperti di Regent Street, London (www.nglondonstore.co.uk) dan Vivo City, Singapura (www.ngsingaporestore.com).