Simulasi Bencana Alam di Anambas

By , Kamis, 21 November 2013 | 10:30 WIB
()

Selama ini, kita sudah akrab dengan latihan gabungan angkatan laut yang mengambil simulasi pertempuran. Tetapi, mengemas sebuah acara militer agar memberikan nilai plus bagi dunia pariwisata rasanya sebuah hal baru.

Untuk itu, panitia Indonesia International Maritime Festival (IIMF) mengundang National Geographic Traveler untuk menghadiri acara pendahuluannya yang diberi nama Ice Breaking IIMF. Dalam waktu kurang dari sepekan, kita diajak berpesiar ke beberapa gugus nusa di Kepulauan Anambas, seperti Pulau Durai dan Pulau Bawah.

"Multilateral Naval Exercise 2014 akan berlangsung sekitar Maret - April tahun depan, dan dilangsungkan di tiga tempat sekaligus: Batam, Natuna dan Anambas," papar Fachlul Infithar, Executive Project Management IIMF.

Penulis berpose di depan kediaman Komandan Lanal Tarempa yang memuat poster latihan militer di 18 negara yang akan berlangsung Maret-April 2014 (Foto oleh Angelina Donna, Journal Maritim)

Dalam acara ini, sebanyak 18 negara, di antaranya Amerika Serikat, Thailand, Kamboja, Burma, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Brunei, Filipina, tuan rumah Indonesia dan Malaysia akan mengirimkan pasukan angkatan lautnya ke Batam dan mengadakan latihan, atau simulasi, mengatasi bencana alam seperti tsunami contohnya.

Sejalan dengan penyelenggaraan acara ini, para peserta latihan juga dijamu keindahan alam yang dimiliki kepulauan-kepulauan terluar kita, khususnya Anambas dan Natuna.

Sebagai tambahannya, akan digelar beberapa acara pendukung, seperti lari maraton sampai lomba memasak para koki kapal perang.

Dengan racikan seperti ini, diharapkan akan makin banyak peminat wisata alam, bahari sekaligus penanam modal yang bakal menyemarakkan perekonomian di pulau-pulau terluar Nusantara.