Nama CS Lewis Diabadikan di Westminster Abbey

By , Selasa, 26 November 2013 | 14:33 WIB

Penghormatan diberikan kepada penulis dan akademisi CS Lewis dengan sebuah monumen di Westminster Abbey, 50 tahun setelah kematiannya. Monumen batu ini akan ditempatkan di Pojok Pujangga, salah satu sisi katedral itu, bersama dengan sejumlah monumen batu dari figur kesusastraan lain seperti Chaucer dan Dickens.

Lewis, terlahir pada 1898, dikenal dengan seri Chronicles of Narnia, yang terjual hingga 100 juta kopi di seluruh dunia dan telah diadaptasi ke layar lebar dan pertunjukan panggung. Film berjudul The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe itu tercatat berada di posisi puncak "box office" Amerika Serikat setelah dirilis di pada 2005 lalu.

Karyanya yang lain termasuk novel The Screwtape Letters dan Ransom Trilogy, meski Lewis tidak dikenal sebagai penulis puisi.

Sebuah konferensi yang bertujuan untuk melihat dampak dari karya Lewis juga telah berlangsung di Westminster Abbey, sementara sebuah festival merayakan kehidupan dan karya CS Lewis diadakan di kampung halamannya di Belfast, Irlandia.

Penulis bernama lengkap Clive Staples Lewis (dipanggil Jack oleh keluarganya) ini meninggal pada 22 November 1963 di usia 64 tahun, hari yang sama ketika terjadi pembunuhan terhadap Presiden Amerika Serikat JF Kennedy.