Bermanfaatnya Olahraga bagi Lansia

By , Rabu, 27 November 2013 | 11:33 WIB

Orang-orang berusia lanjut tetap dianjurkan berolahraga karena aktivitas fisik bisa mencegah gangguan kesehatan serius dan demensia.

Rekomendasi ini dikeluarkan para ahli setelah mereka melakukan penelitian dengan melibatkan 3.500 responden di Inggris.

Orang-orang berusia 60 tahunan yang melakukan olahraga, memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar untuk tetap sehat selama delapan tahun berikutnya dibandingkan orang-orang seusia yang tidak melakukan olahraga.

"Pesan yang ingin kami sampaikan adalah, tetapkan berolahraga meski Anda sudah berusia lanjut," kata Dr Mark Hamer, kepala peneliti dari University College London, yang melakukan kajian ini.

"Jika Anda tetap aktif di usia lanjut, Anda akan mendapatkan banyak manfaat," tambahnya. Olahraga mengurangi risiko serangan jantung, stroke, diabetes, Alzheimer, dan depresi.

Dr Hamer menjelaskan aktivitas fisik yang dimaksud di sini bukan berarti mengharuskan para lansia untuk ke pusat kebugaran atau melakukan aktivitas lari. "Berkebun dan berjalan-jalan ke toko misalnya juga termasuk kegiatan fisik," katanya.

Para peneliti mengatakan mereka yang berolahraga pada usia 60 tahun juga lebih kecil kemungkinannya mendapati masalah dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti mencuci dan berpakaian.