Menabung demi Liburan Impian

By , Jumat, 29 November 2013 | 13:30 WIB

Apa pun jenis perjalanan yang Anda idamkan, melancong keliling kota-kota Eropa atau berkelana ke hutan-hutan eksotis, persiapkan diri dengan perencanaan keuangan yang matang. Berikut beberapa kiatnya.

» TARGET SPESIFIK. Lebih mudah menabung untuk sesuatu yang spesifik daripada sekadar menabung. "Lakukan riset online untuk mendapatkan kisaran biaya perjalanan idaman Anda, mencakup biaya tiket pesawat, akomodasi, wisata dan makan. Tambahkan 20% untuk biaya tak terduga."

Berdasarkan rencana dan penghasilan, mampukah Anda menabung setiap bulan untuk membiayai perjalanan impian ini? Jika tidak, kurangi rencana, buat perencanaan lebih realistis atau tunda keberangkatan.

» OTOMATIS MENABUNG. Begitu sudah menetapkan anggarannya, buatlah rekening tabungan terpisah di bank, dan lakukan secara rutin transfer otomatis sejumlah dana khusus "Perjalanan Impian" yang sudah ditetapkan. Anda juga dapat mengelola dana perjalanan secara manual dengan perangkat keuangan pribadi seperti Mint.com, atau neraca sederhana menggunakan program Excel.

» STRATEGI MENABUNG. Ingat "CEO" (cut costs atau kurangi pengeluaran, earn more atau dapatkan penghasilan tambahan, dan optimize your spending atau optimalkan pengeluaran Anda) agar semakin banyak yang bisa didapat dengan uang Anda. Misalnya, bernegosiasi dengan staf hotel untuk tarif lebih baik; jual barang tidak terpakai di eBay untuk mendapatkan perawatan pijat batu-panas; atau beralih ke kartu kredit yang memberikan potongan harga secara tunai.

» NIKMATI HASILNYA. Jika jauh-jauh hari sudah merencanakan dan menabung demi liburan untuk bersantai dan menikmati hidup, "Tidak perlu lagi bertanya apakah mampu membiayai flying fox di Kostarika atau berbelanja di Paris, karena sudah termasuk dalam anggaran."