Pindah tugas, terutama dari kantor pusat ke daerah, tentu merepotkan. Banyak hal baru yang harus diurus, mulai medan tak dikenal, akomodasi, hingga tantangan memperkuat tim kerja dengan potensi yang tersedia. Berikut beberapa tips untuk meringankan kerepotan itu.1. Masalah pemondokan. Kalau kantor menyediakan fasilitas perumahan, tentu gampang, tinggal dimanfaatkan. Namun, biasanya Anda hanya diberi uang tunjangan perumahan. Untuk itu, pilih kediaman yang berjarak minimal 300 m dari kantor, dekat sarana ibadah, sekolah anak, suasana asri, dan tetangga berpendidikan.2. Soal keluarga. Untuk 40 hari pertama, jangan dulu bawa keluarga. Beradaptasilah dengan suasana baru, sembari meminta bantuan istri untuk mengurus pindah sekolah anak dan hal lainnya. Anak yang dibawa pindah sebaiknya berpendidikan SMP ke bawah. Jika sudah SMA, beri kepercayaan tinggal dikota, yang fasilitas pendidikannya lebih baik.3. Perbanyak teman. Bukan sok akrab, tapi bersikaplah sewajarnya. Yang penting, tidak terlihat angkuh, terutama di lingkungan kerja.4. Tekuni hobi. Terutama yang positif dan berhubungan dengan pekerjaan. Asal jangan mengganggu aktivitas kerja dan berguna untuk keseimbangan nurani. Atau tekuni hobi baru sesuai situasi dan kondisi.5. Identifikasi tugas. Ini penting. Makanya pastikan semua surat yang berhubungan dengan pekerjaan tersedia lengkap. Mulailah bekerja dengan memahami ritme tugas kantor baru, sesuai apa yang digariskan atasan baru atau rekan kerja. Tampilkan dedikasi dan kreativitas Anda.