Toyota Eco Youth Green Geoneration 2013: Bagaimana Hasil Pilihan Juri?

By , Senin, 2 Desember 2013 | 09:00 WIB

Proses pengajuan proposal ide dalam kompetisi Toyota Eco Youth 8th Green Geoneration memang sudah ditutup sejak minggu lalu. Pada saat ini panitia dan Dewan Juri berupaya keras mendapatkan 20 proposal terbaik yang akan diumumkan pada tanggal 6 Desember mendatang.

Pengunduran jadwal pengumuman ini tentu bertujuan agar setiap proposal yang masuk terseleksi dengan baik, sesuai dengan kriteria penyaringan yang disebutkan sebelumnya. Terlebih lagi, kedua puluh proposal yang akan terpilih nanti akan dilakukan implementasi di sekolah masing-masing. Tentu, hal ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam memilihnya.

Sembari menunggu pengumuan dua puluh proposal ide terbaik itu TEY 2013, salah seorang juri kompetisi ini, Didi Kaspi Kasim memberikan pendapatnya.

Menurut Editor-in-Chief National Geographic Indonesia ini, anak muda di Indonesia mengerti konsep dasar dari masalah lingkungan. Akan tetapi, terkadang, banyak di antaranya yang tidak mengerti harus mulai dari mana untuk menjaga lingkungannya.

Nah, dengan adanya kompetisi ini, diharapkan seluruh peserta mengidentifikasi masalah lingkungannya terlebih dahulu dengan baik, sebelum mengikutsertakan idenya. Karena setiap lingkungan mempunyai masalahnya masing-masing. Dengan demikian, identifikasi masalah di lingkungan sekitar sekolah, remaja Indonesia dapat semakin paham dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

"Kadang kita sering berpikir terlampau jauh, padahal lingkungan sekitar kita sendiri banyak juga masalah yang belum terselesaikan," kata Didi, menegaskan.

Setelah menemukan apa masalah yang timbul di lingkungan sekitar, berikan solusi yang sederhana. Dalam kompetisi ini, bukan rocket science atau solusi yang mutakhir yang akan menjadi penilaian utama Dewan Juri. Melainkan bagaimana solusi itu bisa bermanfaat untuk masalah tersebut dan juga bisa bertindak dengan cepat tanpa harus menunggu pihak-pihak lain. Selain itu juga, diharapkan solusi yang diberikan bisa terus berlanjut sampai peserta tersebut lulus dari sekolahnya.

Jadi, jangan terlewatkan untuk mengunjungi situs web kompetisi untuk mengikuti perkembangannya www.ecoyouthtoyota.com